Begini Cara Menkominfo Hadang Berita Hoax Jelang Pilkada Serentak

Kamis, 12 Januari 2017 15:13


(ist)

108jakarta.com - Menkominfo Rudiantara mengimbau masyarakat lebih cermat dalam memilih konten berita di internet. Dia juga mengajak masyarakat menepis sumber berita yang diragukan. 


"Ini memang kalau mendekati event-event politik pilkada, pileg, pilpres ini selalu hangat dunia mayanya ya. Apalagi sekarang dibanjiri dengan hoax," kata Rudiantara di Usmar Ismail Hall, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017). 


"Penyelesaiannya adalah kita nggak hanya dengan blokir-blokir saja dong, kalau blokir-blokir saja capek dong. Kita ajak masyarakat melakukan penepisan. Ajak masyarakat komunitas untuk juga melakukan, katakanlah, membersihkan hoax-hoax ini," lanjutnya. 


Dia pun mengapresiasi gerakan masyarakat yang beberapa waktu lalu mendeklarasikan gerakan anti hoax. Dia berharap semakin banyak orang yang sadar dan melakukan gerakan serupa.


"Dan minggu kemarin kan ada deklarasi di 6 kota sudah ya masyarakat anti hoax. Ini yang didorong oleh Kominfo masyarakat, komunitas, dan sebagainya," ujar Rudiantara. 


Terkait dengan berita hoax yang semakin mudah diakses dan memengaruhi masyarakat, Rudiantara menyarankan agar masyarakat lebih banyak menyaring konten-konten yang tersebut di internet.


"Sudah pernah buka belum turnbackhoax.id? Ini adalah untuk membantu masyarakat yang istilahnya mayoritas masyarakat kan nggak tahu bagaimana mencarinya. Kalau diberikan itu kan jadi tahu mana yang bener mana yang salah," urainya. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Usai Ucapkan Sumpah, Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS
Mesum di Rel, Sepasang Remaja Tewas Tersambar KA
Garuda Indonesia Resmi Terbang ke Mumbai
Senat AS Konfirmasi Anggota Pertama Kabinet Trump
Wahidin Halim: Era Dinasti Sudah Lewat

Please login for commentKomentar
suiyong
mudah-mudahan dengan cara ini tidak ada yang curang lagi.
Nabbies
mungkin dengan cara seperti itu bisa untuk mengatasi berita hoax jelang pilkada
lawangnikuhinji
Tangkap aja para pelaku yang menyebarkan berita hoax, kalau cuma di blok doang mah dia bisa membuat akun yang baru
TukangWalpaper
masih ada aja yah ,, paling itu yang nyebarin musuh dari cawagub
chacha
Namanya juga hoax pasti yg di isukan berita-berita yg anaeh-aneh suka menyebar isu yg tdk bertanggung jawab
mongi
berita yang hoax di abaikan saja ctrl+del
dedy
mudah"an dengan cara seperti itu mengurangi bahkan mencegah hoak di nadsos.
yudi
banyak cara untuk menjatuhkan lawan dalam pilpers semoga bersaingnya secara sehat aja
ice
skr udah mkain banyak sih yg suka ngehasut buat benci sesama
patgulipat
Saya mah masyarakat biasa jadi nggak mau pusing sama urusan begituan
12