Begini Cara Menkominfo Hadang Berita Hoax Jelang Pilkada Serentak

Kamis, 12 Januari 2017 15:13


(ist)

108jakarta.com - Menkominfo Rudiantara mengimbau masyarakat lebih cermat dalam memilih konten berita di internet. Dia juga mengajak masyarakat menepis sumber berita yang diragukan. 


"Ini memang kalau mendekati event-event politik pilkada, pileg, pilpres ini selalu hangat dunia mayanya ya. Apalagi sekarang dibanjiri dengan hoax," kata Rudiantara di Usmar Ismail Hall, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017). 


"Penyelesaiannya adalah kita nggak hanya dengan blokir-blokir saja dong, kalau blokir-blokir saja capek dong. Kita ajak masyarakat melakukan penepisan. Ajak masyarakat komunitas untuk juga melakukan, katakanlah, membersihkan hoax-hoax ini," lanjutnya. 


Dia pun mengapresiasi gerakan masyarakat yang beberapa waktu lalu mendeklarasikan gerakan anti hoax. Dia berharap semakin banyak orang yang sadar dan melakukan gerakan serupa.


"Dan minggu kemarin kan ada deklarasi di 6 kota sudah ya masyarakat anti hoax. Ini yang didorong oleh Kominfo masyarakat, komunitas, dan sebagainya," ujar Rudiantara. 


Terkait dengan berita hoax yang semakin mudah diakses dan memengaruhi masyarakat, Rudiantara menyarankan agar masyarakat lebih banyak menyaring konten-konten yang tersebut di internet.


"Sudah pernah buka belum turnbackhoax.id? Ini adalah untuk membantu masyarakat yang istilahnya mayoritas masyarakat kan nggak tahu bagaimana mencarinya. Kalau diberikan itu kan jadi tahu mana yang bener mana yang salah," urainya. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Please login for commentKomentar
novel
Biasanya yg gampang kena hoax masyarakat yg kurang pendidikannya..kalau pun ada orang pintar kena hoax juga berarti itu orang bego bgt
Kokomkomariah
tetep kerja yg baik buat menkominfo, jangan biarkan HOAX-HOAX bersliweran mengganggu ketentraman NKRI..
123