Kapal Perang AS Beri Tembakan Peringatan ke Kapal AL Iran

Selasa, 10 Januari 2017 15:09


(ist)

108Jakarta.com - Empat kapal Garda Revolusioner Iran mendekati sebuah kapal perang Amerika Serikat di perairan Selat Hormuz. Akibatnya, kapal perang AS pun melepaskan beberapa tembakan peringatan ke kapal-kapal Iran yang melaju dengan kecepatan tinggi itu.


Pejabat-pejabat AS mengatakan, tiga tembakan peringatan yang dilepaskan oleh kapal penghancur Angkatan Laut AS, USS Mahan tersebut, membuat kapal-kapal Iran menjauh.


"Ini interaksi yang tidak aman dan tidak profesional, dan itu dikarenakan fakta bahwa mereka mendekati dengan kecepatan tinggi dan tidak menghiraukan peringatan berulang kali," ujar Kapten Jeff Davis, juru bicara Pentagon seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (10/1/2017).


Davis mengatakan, tembakan peringatan itu dilepaskan ke kapal-kapal militer Iran oleh USS Mahan, setelah melakukan kontak radio untuk memerintahkan mereka menurunkan kecepatan. Namun kapal-kapal Iran tersebut tetap melaju dengan kecepatan tinggi ke arah kapal USS Mahan. 


Saat itu kapal-kapal militer Iran tersebut berada dalam jarak sekitar 800 meter dari kapal penghancur USS Mahan. Saat kejadian pada Minggu, 8 Januari waktu setempat tersebut, kapal USS Mahan tengah mengawal dua kapal militer AS lainnya. 


Atas insiden ini, Gedung Putih menyatakan bahwa kapal-kapal Iran tersebut telah bertindak dengan cara yang tak bisa diterima. Disebutkan Gedung Putih, insiden seperti itu berisiko meningkatkan ketegangan kedua negara.


"Saat ini AS tidak tahu apa niat kapal-kapal Iran tersebut, namun tindakan ini tak bisa diterima mengingat USS Mahan sedang beroperasi di perairan internasional," ujar juru bicara Gedung Putih Josh Earnest dalam konferensi pers.


Sebelumnya pada Agustus 2016 lalu, sebuah kapal Angkatan Laut AS juga melepaskan tembakan peringatan ke arah pesawat penyerang cepat Iran, yang mendekati dua kapal AS.


(CSR.id)

Berita Terkait
Israel Juga Pasang CCTV di Pintu Masuk Kompleks Masjid Al-Aqsa
Polisi gagalkan penyelundupan 11 ton bawang merah dari Malaysia
Tiga Helikopter Water Bombing Siap Tangani Karhutla Jambi
Presiden Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah di Riau
Gaya Trendi Mentri Sri Mulyani Saat Liburan di Labuan Bajo

Please login for commentKomentar
icikicikcrot
nah tuh memanas lagi deh tuh hubungan kedua negaranya..
ThanksInfonya
nah emang kapal al iran udah langgar batas wilayah yah pak
suiyong
bisa jadi perang-perangan as sama iran.
mongi
ada apa nih kira kira di balik itu semua
Jawa
iya ngeri juga nih kalau sampai perang dilaut pasti terombang ambing
Renny
jangan sembarangan kalo masuk perairan orang lain biar ga ditembakin -r-
ice
lebih baik bicarakn dulu dengan nahkodanya ya, jangan sampai ada salah paham
ferry
bisa jadi perang di laut nih
Linda
amerika mau banget yaa perang sama iran.
bengbeng
pertanyaan saya kapal militer iran di situ lagi ngapain yah apa lagi ngamanin juga apa lagi njaring ikan
123