Presiden Jokowi Sebut Penerobosan KJRI Melbourne Murni Kriminal

Selasa, 10 Januari 2017 9:58


Ilustrasi. (Foto: int)

108Jakarta.com - Aksi penerobosan Gedung Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Melbourne, Australia, dinilai oleh Presiden Jokowi adalah murni tindak kriminal.

"Itu urusan kriminal. Sekarang saya sudah mendapatkan laporan dari Menlu soal penambahan aparat keamanan dari Australia," kata Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai peninjauan pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang, Senin (9/1).

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Armanata Nasir telah menyatakan bahwa nota protes telah disampaikan kepada pemerintah Australia. Pemerintah Indonesia juga telah meminta agar pelaku segera ditangkap dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri menyebutkan Penerobosan di Gedung Konsulat Jenderal RI di Melbourne merupakan tindakan kriminal yang tidak dapat ditoleransi sama sekali. Oleh karena itu, sebagai negara penerima, Australia memiliki kewajiban dan bertanggung jawab untuk segera memproses hukum dan menjamin keamanan semua misi Indonesia di Australia.

Konvensi Wina Tahun 1961 pasal 22 ayat 2 mengatakan bahwa “Negara penerima memiliki tugas khusus mengambil semua langkah untuk melindungi bangunan-bangunan misi dari segala bentuk intrusi atau kerusakan dan mencegah segala bentuk gangguan ketenangan atau perusakan kewibawaan Misi”.

Pemerintah Australia berjanji akan melakukan investigasi dan memproses hukum pelaku kriminal tersebut. Di sisi lain, Menlu Retno Marsudi telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, pada Sabtu (7/1) lalu. 

Selain itu, Dubes RI untuk Australia juga terus berkomunikasi dengan Pemerintah dan Otoritas Australia untuk memastikan keamanan semua misi dan staf Diplomatik Konsuler Indonesia di Australia.


(han)


Berita Terkait
Usai Ucapkan Sumpah, Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS
Mesum di Rel, Sepasang Remaja Tewas Tersambar KA
Garuda Indonesia Resmi Terbang ke Mumbai
Senat AS Konfirmasi Anggota Pertama Kabinet Trump
Wahidin Halim: Era Dinasti Sudah Lewat

Please login for commentKomentar
chacha
Beneran penerobosan KJRI Melbourne murni kriminal klu bener pelakukan segera di tangkap dan di usut smp tuntas
mongi
pelakunya di tangkap aja biang kerok itu
ice
kalo sdh pasti begitu yasudah, asalkan jangan sampai malah KRI nya yg melakukan
ferry
kalau gitu serahkan pada pihak polisi disana
suiyong
sebaiknya pelaku ditembak saja pak jokowi.
DragonForce
ditindak saja pak, harus di investigasi, kenapa bisa terjadi kasus tersebut
bams
ini masih kasus soal pengibaran bendera bintang kejora itu yah,segera tangkap pelakunya dan adili
Samuel
jelas itu sebuah kesalahan, bayangkan contohnya kalau rumah pribadi dimasuki penyusup pasti akan langsung dilaporkan ke pihak berwajib
TukangWalpaper
ternyata kriminalitas toh, kirain tidak ada apa apa,. kalo gini mah cepat diatasi
sumaryani
jika itu tindakan kriminal harus segera di proses hukum yang berlaku di sana
123