Trump Tunjuk Menantunya Jadi Penasihat Senior Gedung Putih

Selasa, 10 Januari 2017 13:45


(ist)

108Jakarta.com - Jared Kushner, menantu presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump, akan menjadi penasihat senior Gedung Putih. Untuk jabatannya ini, Kushner tidak akan mendapat gaji. 


Disampaikan pejabat tim transisi Trump, seperti dilansir Reuters, Selasa (10/1/2017), Kushner yang merupakan suami putri Trump, Ivanka, akan bertugas menjadi penasihat senior Gedung Putih untuk urusan perdagangan dan Timur Tengah. 


Penunjukan Kushner ini menjadi kasus yang sangat langka bagi anggota keluarga presiden AS memegang jabatan dalam pemerintahan. Penunjukan ini juga berpotensi melanggar Konstitusi AS dan Undang-undang Anti-nepotisme tahun 1967.


Namun disebutkan pejabat tim transisi Trump itu, Kushner (35) bersedia menempati jabatan itu setelah menerima penjelasan hukum bahwa hal itu tidak akan melanggar Undang-undang Anti-nepotisme AS. Disebutkan bahwa posisi Kushner berbeda dengan jabatan dalam kabinet yang membutuhkan penetapan Senat AS. 


Pejabat tim transisi Trump ini juga menyatakan, Kushner tidak akan mendapat gaji selama menjadi penasihat senior Gedung Putih, yang berkantor di West Wing atau Sayap Kanan kantor presiden AS tersebut. 


"Aset yang hebat sekali dan penasihat yang terpercaya selama kampanye dan masa transisi," sebut Trump soal menantunya, dalam pernyataan mengumumkan penunjukan ini pada Senin (9/1) waktu setempat. 


Demi mematuhi hukum etika federal dan setelah berkonsultasi dengan Kantor Etika Pemerintah, Kushner akan mengambil beberapa langkah untuk melepaskan aset-asetnya. Dia akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Pemimpin Eksekutif atau CEO Kushner Companies dan juga sebagai penerbit surat kabar New York Observer. 


Dia juga akan melepaskan saham-saham miliknya di New York Observer, Thrive Capital, gedung perkantoran 666 Fifth Avenue di Manhattan dan berbagai investasi di luar negeri. Tak hanya itu, Kushner juga akan menghentikan partisipasi dari hal-hal yang berpotensi mempengaruhi kepentingan finansial yang tersisa.


Saham-saham miliknya termasuk saham real estate di kawasan New York, saham Ivanka Trump pada hotel baru Trump di Washington dan bisnis fashion Ivanka Trump Brand. Agar lebih jelas, Kushner juga akan merilis informasi finansialnya kepada publik.


Berbeda dengan suaminya, Ivanka tidak akan memegang jabatan resmi di Gedung Putih. Pejabat transisi Trump menuturkan pada CNN, Ivanka akan mengurus keluarganya setelah dirinya bersama suami dan anak-anaknya memutuskan pindah ke Washington DC agar lebih dekat dengan Trump.


(CSR.id)

Berita Terkait
The Rocking Occupancy di Fame Hotel Sunset Road, Kuta -  Bali
Umat Muslim AS Kumpulkan Dana Demi Perbaiki Pemakaman Yahudi
Promo Eksklusif di LocalStartupFest
TNI AU Tangkap Pelaku Pembakar 200 Ha Lahan di Riau
Kemenag Tetapkan Kuota Haji Tahun Ini 221.000

Please login for commentKomentar
BantuUpGan
lah.. itu bukan kkn yah namanya?? aneh..
ThanksInfonya
walah, ko jadi kaya kerajaan gitu yah.
mongi
kenapa tidak dari orang luar aja ya
ice
tapi kalo bisa jangan smuanya keluarga yg diangkat yah, takut ada kesalahpahaman
ferry
ini boleh dibilang sudah termasuk KKN ya
suiyong
bagus dong menantu kerjanya tidak menerima gaji dari trump.
kang
ceritanya bakalan kaya gubernur banten non aktif ini mah nanti lurahnya adik dari menantunya dan seterusnya. licik
Samuel
lama-lama pemerintahan isinya dikuasai keluarga Trump semua sama kayak ratu Atut
patgulipat
Semoga aja menantu nya bisa bekerja dengan baik ya pak
CekIGKitaSay
kenapa harus menantunya, ngapa kaga satpamnya atau pembantu rumahnya gitu
123