Untuk Darurat, Kemenkominfo Buat Layanan Call Center Darurat 112 Seperti 911

Kamis, 12 Januari 2017 16:15


(ist)

108jakarta.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika membuat layanan call center tanggap darurat 112. Layanan ini berfungsi untuk melayani warga dalam situasi darurat seperti 911 milik Amerika Serikat.


Program ini merupakan inisiatif Kemenkominfo untuk menyediakan call center gratis. Misalnya, ketika dalam situasi darurat seperti kebakaran atau butuh bantuan ambulans, call center ini dapat dihubungi. Program ini hampir sama dengan call center Kementerian Kesehatan, yaitu 119, sehingga ke depan akan diintegrasikan. Bukan malah akan menggantikan program 199.


"Kami tidak lagi sektoral. Soal 119, ini bagian semuanya. Kementerian punya nomor sendiri-sendiri, egonya masing-masing. Kominfo ada inisiasi 112, mengapa 112? Karena gratis, tidak bayar untuk menelepon gratis karena darurat. Nanti bakal diintegrasikan," kata Menkominfo Rudiantara dalam acara Nusantara Sehat di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017).


Program ini telah diuji coba di beberapa kota, seperti Bekasi. Menurut dia, masyarakat bisa menggunakan layanan tersebut untuk diberikan bantuan yang tepat dalam keadaan darurat.


Call center ini dibuat mirip dengan layanan call center tanggap darurat di Amerika Serikat. Namun, ia menyebut, ini bukan soal meniru AS, tetapi bagaimana memberikan kemudahan bagi warga.


"Misal kebakaran itu nomor berapa ya, kalau di AS kan ada 911. Bukan niru-niru AS tentang 911, tapi bagaimana memudahkan masyarakat, bagaimana mengintegrasikan ini," ujarnya.


Ia pun mengaku telah mengeluarkan peraturan pemerintah agar layanan ini gratis dan operator tidak boleh memungut biaya. Dengan demikian, walaupun dalam kondisi pulsa habis dan darurat, panggilan bisa dilakukan. "Kalau 112 saya keluarkan PP itu operator tidak boleh men-charge di 112 bahkan kalau nggak ada pulsanya pakai HP itu bisa nyambung. Kalau diintegrasikan dengan 199, itu nggak apa-apa ya, yang penting bagus. Make it simple," imbuhnya. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Usai Ucapkan Sumpah, Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS
Mesum di Rel, Sepasang Remaja Tewas Tersambar KA
Garuda Indonesia Resmi Terbang ke Mumbai
Senat AS Konfirmasi Anggota Pertama Kabinet Trump
Wahidin Halim: Era Dinasti Sudah Lewat

Please login for commentKomentar
suiyong
masyarakat pasti sangat membutuhkan lanyanan call center ini.
Nabbies
pastinya sangat membantu tuh dengan adanya layanan call center darurat tersebut
lawangnikuhinji
Kayak nya ini program memang sudah lama ya
TukangWalpaper
bagus dong agar lebih mudah. belakangan ini kan tidak ada layanan seperti ini
chacha
Emang baru di berlaku di bekasi aja di jakarta kapan di berlakukannya
mongi
nah gitu dong jadi kan lebih mudah
Linda
call center ini sangat membantu dlam hal emergency.
yudi
bagus tuh jadi pas lagi darurat bisa panggil tapi pasti ada juga yang main main harus ada hukum juga nih
ice
apa sdh mulai berjalan tuh call center nya?
patgulipat
Semoga nggak ada yang salah gunakan ya Saluran ini
12