Dahlan Iskan Divonis 2 Tahun Penjara 

jumat, 21 April 2017 17:04


(ist)

108jakarta.com - Dahlan Iskan divonis 2 tahun penjara dengan penahanan kota dan denda Rp 100 juta dalam kasus korupsi pelepasan aset PT PWU oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Dia dinyatakan terbukti korupsi secara bersama-sama pada pelepasan aset PT Panca Wira Usaha, BUMD Pemprov Jatim.


Hakim Ketua M Tahsin menyatakan terdakwa Dahlan terbukti melakukan korupsi secara bersama-sama, sebagaimana disebutkan dalam dakwaan subsider, Pasal 3 undang-undang tersebut.


Sedangkan dakwaan primer, majelis hakim menganggap Dahlan tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan primer, yakni Pasal 2 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi. 


"Menjatuhkan terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama dua tahun dalam bentuk penahanan kota. Mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar Rp 100 juta dengan ketentuan jika tidak membayar diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan," kata hakim Tahsin saat membacakan vonis di ruang sidang Cakra Pengadilan Tipikor Surabaya, Jalan Raya Juanda, Sidoarjo, Jumat (21/4/2017).


Vonis tersebut mendapatkan reaksi dari pendukung Dahlan yang memenuhi ruangan sidang. Sebanyak 40-an santri dari Pondok Pesantren Sabilul Muttaqien Magetan itu memekikan takbir dan istighfar sebagai penyemangat terhadap mantan Direktur Utama PT PWU itu. "Allahu akbar, astaghfirullah," teriak pendukung Dahlan usai majelis hakim menjatuhkan vonis 2 tahun.


Menanggapi vonis tersebut, Dahlan menyatakan banding. "Setelah berkoordinasi dengan kuasa hukum saya nyatakan banding," imbuh Dahlan.


Sementara Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menyatakan pikir-pikir. Vonis yang dijatuhkan majelis hakim 4 tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut 6 tahun penjara denda Rp 750 juta serta membayar ganti rugi Rp 4,3 miliar.


(ayb/int)


Berita Terkait
Tiongkok Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai Tepat Waktu
Presiden Jokowi Beri Selamat Indonesia Juara ASEAN Para Games 2017
Status Gunung Agung Naik Dari Siaga Jadi Awas
Badan Trasnportasi London Cabut Lisensi Uber Taksi
Tembok Perbatasan Turki-Suriah Ditargetkan Selesai Akhir September

Please login for commentKomentar
Fajar
kalau memang gak merasa bersalah ya banding aja ya pak saya dukung
dheshe
tuh kan mangkanya pak jangan sembarangan korupsi akhirnya diponis kan pak
ThanksInfonya
walah, mukanya aja baik ternyata dia itu habis melakukan pelanggaran hukum yah.
chacha
2 tahun yakin tuh. tar juga ga sampe 2 tahun udah kluar orang banyak duitnya
lily
akhirnya keputusan sidang dahlan iskan sudah ada dan dipenjara 2 tahun
rasarasa
akhirnya di tahan juga tapi kok cuma dua tahun ngak sesuai dengan apa yang di ambil
Haries
Kasihan pak dahlan, nasibnya kini menjadi tersangka, padahal dulu saya anggap menteri yang paling bersih lho ini, kok tiba-tiba kena kasus seperti ini sih
JawaLiar
makan uang rakyat mulu nih, kasus seperti ini harusnya hukuman kurung seumur hidup
mongi
sudah kaya ngapain lagi harus di korupsi sih jadinya seperti ini kan
SayaFerdiEntong
2 tahun mah cepet pak, jalanin aja pak kali aja nyaman pak disana
123