Waktu Puasa Terpanjang Dan Terpendek Di Dunia

Sabtu, 20 Mei 2017 9:11


(ist)

108jakarta.com - Bulan Ramadan 1438 Hijriah hampir tiba. Umat Islam di seluruh dunia diwajibkan berpuasa menahan lapar dan haus satu bulan penuh sejak fajar hingga matahari terbenam.


Lama berpuasa di tiap negara berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, Ramadan datang saat musim panas sehingga menyebabkan waktu berpuasa di belahan bumi utara lebih panjang. Sebaliknya, Ramadan hadir saat musim dingin di belahan bumi bagian selatan dan menyebabkan waktu berpuasa di sana lebih singkat.


Wilayah yang mengalami waktu puasa terpanjang adalah Greenland dan Islandia yang berkisar 21 jam. Sedangkan yang paling singkat berpuasa adalah Argentina dan Australia yang hanya sekitar 11 jam.


Mengutip Gulfnews yang telah melakukan penghitungan interval antara waktu Subuh hingga Magrib, berikut daftar lama waktu puasa di beberapa negara di dunia dengan memperkirakan hari pertama puasa jatuh pada 27 Mei 2017.


Benua Eropa:
Negara yang akan mengalami waktu berpuasa paling lama di Benua Eropa adalah Islandia yang mencapai 21 jam. Sementara itu, yang paling singkat adalah Spanyol, Turki, Yunani dan negara-negara lainnya yang berpuasa sekitar 16 jam.


Islandia: 21 jam
Finlandia: 19 jam 56 menit
Norwegia: 19 jam 48 menit
Swedia: 19 Jam 42 menit
Russia: 19 Jam 7 menit
Denmark: 19 Jam 5 menit
Belarusia: 18 jam 52 menit
Jerman: 18 jam 51 menit
Irlandia: 18 jam 48 menit
Inggris: 18 jam 34 menit
Republik Ceko: 18 jam 24 menit
Hungaria: 18 jam 12 menit
Prancis: 17 jam 11 menit
Georgia: 16 jam 58 menit
Albania: 16 jam 51 menit
Spanyol: 16 jam 43 menit
Turki: 16 jam 40 menit


Benua Amerika
Pulau terbesar di dunia, Greenland, menjadi wilayah dengan durasi berpuasa yang paling lama. Di sini, jarak dari waktu subuh ke magrib mencapai 21 jam 2 menit. Adapun Argentina menjadi negara tersingkat menjalani puasa yang hanya 11 jam 32 menit.


Greenland: 21 jam 2 menit
Kanada: 17 jam 24 menit
Amerika: 16 jam 29 menit
Bahama: 14 jam 59 menit
Antigua dan Barbuda: 14 jam 22 menit
Nikaragua: 14 jam 4 menit
Aruba: 14 jam 4 menit
Grenada: 14 jam 4 menit
Panama: 13 jam 52 menit
Kolombia: 13 jam 33 menit
Peru: 12 jam 42 menit
Argentina: 11 jam 32 menit


Benua Afrika
Gulfnews mengambil sampel empat negara yang dianggap menunjukkan rata-rata lama berpuasa di negara-negara di Afrika


Nigeria: 13 jam 50 menit
Ghana: 13 jam 43 menit
Kenya: 13 jam 17 menit
Zimbabwe: 12 jam 26 menit


Benua Australia
Selandia Baru: 11 jam 37 menit
Australia: 11 jam 35 menit


Benua Asia
Kazakhstan menjadi negara terlama menjalani puasa di kawasan Asia yang mencapai 18 jam 12 menit. Adapun Kepulauan cocoa keeling menjadi yang paling singkat hanya 12 jam 47 menit. Sedangkan musim di Indonesia akan berpuasa sekitar 13 jam 2 menit.


Kazakhstan: 18 jam 12 menit
Armenia: 16 jam 35 menit
Uzbekistan: 16 jam 26 menit
Cina: 16 jam 14 menit
Afganistan: 15 jam 51 menit
Jepang: 15 jam 45 menit
India: 15 jam 5 menit
Nepal: 14 jam 59 menit
Taiwan: 14 jam 47 menit
Hong Kong: 14 jam 35 menit
Laos: 14 jam 18 menit
Myanmar: 14 jam 14 menit
Thailand: 14 jam 3 menit
Brunei: 13 jam 34 menit
Malaysia: 13 jam 29 menit
Indonesia: 13 jam 2 menit
Kepulauan cocoa keeling: 12 jam 47 menit


Timur Tengah
Di kawasan Timur Tengah, Iran menjadi negara terlama yang menjalani puasa Ramadan tahun ini. Sedangkan Yaman adalah negara dengan puasa tercepat di kawasan ini.


Iran: 16 jam 4 menit
Suriah: 15 jam 52 menit
Yordania: 15 jam 42 menit
Mesir: 15 jam 36 menit
Bahrain: 15 jam 9 menit
Oman: 14 jam 55 menit
Abu Dhabi: 14 jam 53 menit
Arab Saudi: 14 jam 41 menit
Yaman: 14 jam 18 menit


(ayb/int)


Berita Terkait
Arion Swiss-Belhotel Bandung,  Bagi Tiket dan Akomodasi Gratis ke Bali
Ramadan Spesial di Holiday Inn Express Jakarta Interantional Expo
Militer Filipina di Minta Duterte Total Perangi Militan di Marawi
Banjir dan Longsor di Sri Lanka, 92 Orang Tewas
Trump Ucapkan Selamat Ramadhan Sekaligus Singgung Aksi Teroris

Please login for commentKomentar
bengbeng
Nah ini buat pelajaran warga indonesia yang suka ngeluh bukanya masih lama,ternyata ada yang jauh lebih lama dari negara indonesia waktu puasanya
MasKliwon
Greenland menempati posisi waktu puasa terpanjang nih sampai 21 jam 2 menit, cukup lama juga ya
CaffeLatte
orang orang islam di islandia pasti punya mental baja banget ya mereka puasa hampir 24 jam
sumaryani
di greenlannd waktu puasa ternyata lebih lama di bandingkan dengan di Indonesia
emma
yang lama itu ya sampai 21 jam..kita aja yg kurang lebih 13 jam, waktu maghrib itu di tunggu2 banget..tp kl sdh terbiasa brp lama pun jam puasa pasti kuat
IndomieTelor
wah indonesia sihh standar sih ya, setengah2... ga cepet gak lamaa.. seharusnya ga da alasan bolong2 yaa
kopi
jadi lebih tau saya setelah baca artikel ini ternyata yaman itu lebih cepat waktu puasanya di timur tengah. saya kirain bulan puasa itu sama rata waktunya ternyata beda beda yah
ice
kirain di indonesia itu udah yg paling lama, ternyata masih banyak juga yg sampe lama2 yah
novel
Kaga apa2 juga lama tapi kalo cuacanya adem malah kaga berasa puasanya
Linda
walaupun jamnya panjang melakukan puasa namun jika dijalankan dengan ikhlas semuanya akan lancar-lancar aja.
12