Patung Jokowi di Museum Madame Hongkong Kini Kenakan Kemeja Batik

Minggu, 13 Agustus 2017 9:46


(ist)

108jakarta.com - Patung lilin Presiden Joko Widodo yang terpajang di Museum Madame Tussauds Hong Kong kini mengenakan kemeja batik. Sebelumnya, patung tersebut mengenakan kemeja putih lengan panjang.


"Setelah lebih dari tiga bulan mengenakan baju putih ciri khasnya, mulai tanggal 12 Agustus 2017, kemeja batik akan menghiasi patung lilin Presiden Joko Widodo di Museum Madame Tussaud Hong Kong," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Tri Tharyat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/8/2017).


Tri mediskusikan teknis pergantian tampilan ini kepada pihak Museum. Sebab, mengingat batik adalah satu ikon negara Indonesia dan sebagai satu warisan budaya UNESCO.


"Pemakaian kemeja batik di patung lilin ini akan lebih mengenalkan batik kepada publik sebagai satu warisan Budaya UNESCO," ujarnya.


Sebelumnya, Presiden Jokowi datang berkunjung ke Madame Tussauds Hong Kong pada tanggal 1 Mei 2017 lalu. Waktu itu dia menyempatkan mampir di sela pertemuan dengan pemerintahan Special Administrative Region (SAR) Hong Kong. Patung Jokowi dipajang berdekatan dengan patung lilin Pesiden pertama RI, Ir Sukarno.


Dia mengatakan patungnya akan mengenakan kemeja batik. Kemeja batik yang dipasangkan di patung lilinnya itu memang asli miliknya sendiri.


"Iya, dari sini (Indonesia) asli, bukan dari mereka. Jangan keliru, asli dari sini, dijahit di sini. Asli, asli dan sudah saya pakai," tutur Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (10/8). 


(ayb/int)


Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi
Indonesia Raih 2 Emas dan 3 Perak di Olimpiade Sains IJSO

Please login for commentKomentar
AkhsinanBetawi
Ini namanya politik cerdas dari pak Jokowi. kenapa dipakaikan batik? karena supaya dunia tau kalau batik itu berasal dari indonesia. biar ga ada yang ngaku-ngaku lagi.
alya
patung jokowi di lestarikan di sana tuh menggunakan baju khas indonesia
chacha
astaga mirip banget patungnya, nih yang ga bisa ketemu jokowi bisa poto langsung sama patung
ticia
Sampai sampai di museum hongkong ada bapak yang satu ini, mengenakan batik lagi, sungguh mengharukan negara lain bisa memajang sang pemimpin yang baik ini
bengbeng
Salut banget sama orang yang bikin patung lilin pak jokowi ini,bangga tentunya karena baru kali ini ada presiden indonesia yang sampai di buatkan patung lilin semacam itu
Renny
patungnya ko begitu si wajahnya..mirip ga ada yang gimana gitu -r-
dheshe
mungkin dengan patung pak jokowi pakai batik agar mereka tahu bahwa itu ciri khasnya dari indonesia
ice
kapan saya bisa ke hongkong lagi yah , jadi pengen kesana lg apalagi udh ada tambahan patung pak jokowi gini
Mama
Batiknya Asli punya pak Jokowi , itu batik nya sampai berkali -kali Asli ya pak , Oke deh top banget pokoknya
sumaryani
batik indonesia adalah warisan budaya dan milik indonesia jadi sudah sepantasnya patung pak jokowi mengenakan baju batik
12