Bandara Kertajati Majalengka Ditargetkan Jadi Embarkasi Haji pada Tahun Depan

Rabu, 13 September 2017 10:55


Lanskap maket proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (ist)

108Jakarta.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sudah bisa beroperasi sebagai embarkasi haji dan umroh pada 2018.


Luhut ditemui di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa petang, mengatakan pihaknya menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara PT Angkasa Pura II (Persero) dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) terkait pembelian saham dan pengoperasion bandara tersebut.


"Selama ini kan belum ketemu antara AP II dan Pemprov Jawa Barat, tadi sudah selesai MoU, sahamnya 51:49 untuk Pemprov Jabar. Semua sudah sepakat, target kita haji tahun depan sudah dari situ (Kertajati)," katanya.


Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan setelah menandatangani dua kesepakatan itu, pihaknya akan menyelesaikan "due diligence" sehingga pada Oktober mendatang sudah ada kerangka kesepakatan antara pemegang saham dalam kerja sama pemanfaatan dan pengoperasian bandara.


"Di situ komponennya sudah lebih detil, contohnya berkaitan dengan biaya operasi, sumber daya manusia, aspek marketing dan lainnya," ujarnya.


Awaluddin menuturkan, setelah itu, pihaknya dan Pemprov Jabar selaku pemegang utama saham BIJB akan menyelesaikan rincian besaran pembagian dan pembelian saham. "Nanti besaran berapa kami menjadi operator sekaligus pemegang saham selesai ada November," katanya.


Segera setelah masalah pembelian saham rampung, masalah pembelian saham rampung, perusahaan "pelat merah" itu akan memulai persiapan operasional sesuai target yang diberikan agar bisa digunakan dalam musim haji 2018.


"Pak Menko (Luhut) minta Juni 2018 harus sudah siap penjadwalan penerbangan haji. Jadi, Lebaran haji tahun depan Bandara Kertajati sudah beoperasi untuk embarkasi haji. Jadi dari Jawa Barat semua lewat situ," katanya.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menghargai Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendukung pembangunan poyek infrastruktur tersebut. Apresiasi juga disampaikan kepada AP II yang bersedia melakukan pengelolaan sesuai rencana agar dapat beroperasi awal 2018.


"Kami ingin memindahkan haji ke sana sehingga tidak membebani Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma. Dengan posisi Kertajati di tengah Jawa Barat, ini jadi 'troubleshooter' (penyelesai masalah)karena selama ini kita mengandalkan Soekarno-Hatta dan Halim," katanya.


(CSR.id)

Berita Terkait
344 Warga yang Diisolasi KKB Berhasil di Evakuasi
Presiden Jokowi: Saya Minta Pak Setya Novanto Ikuti Proses Hukum
Batu Akik Ini Ternyata Masih Diburu Kolektor
Setya Novanto Dipindah dari Permata Hijau ke RSCM
Presiden Jokowi Hadiri Munas KAHMI di Medan

Please login for commentKomentar
pakaihatidong
dilihat dari luas yang di gambarkan cukup pantas kok,untuk embarkasi haji.
ticia
Lebih cepat lebih baik untuk masalah ini, jangan di lama lamakan lagi, karena sangat banyak yang akan naik haji dari tahun ke tahun
suiyong
supaya orang dari mana-mana naik haji gak susah jauh-jauh berangkat kehaji.
Marsim
dengan adanya bandara kertajati ini jawa barat aka semkain maju dan yg pasti perekonomian di sekitar bandara akan semakin bagus
bengbeng
Majalengka semakin maju yah sekarang sudah memiliki bandara sendiri aduh kota gw kapan nih brebes punya bandara juga biar kalau mudik pake pesawat biar cepet sampe
sumaryani
di lihat dari marketnya aja sudah tampak keren dan bagus bandara tersebut semoga bisa di gunakan untuk keperluan haji dan umroh
novel
Bagus nya sih emang di pindahkan embarkasi di bandara soetta dan halim karna daya tampungnya kecil kurang mencukupi
Samuel
modelnya udah modern dan canggih, sepertinya sudah bertaraf international. Berharap bisa meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan
alya
bandaranya sangat bagus dan luas sekali, mudah-mudahan saja dapat berjalan dengan lancar
KaroKalemCuy
Bandara yang sangat bagus dan keren. Tapi pembangunan bandara tersebut membuat masyarakat sedih karena ladang mereka tergusur oleh investor investor yang rakus terhadap pembangunan.