Gempa 8 Skala Richter Guncang Meksiko Selatan

jumat, 08 September 2017 14:00


(ist)

108Jakarta.com - Gempa berkekuatan 8 skala Richter (SR) melanda pantai selatan Meksiko. Demikian pernyataan yang dikeluarkan pusat pemantau gempa Survei Geologi Amerika Serikat (AS), USGS.


Besar kekuatan gempa membuat bangunan di ibu kota Meksiko, Mexico City, bergoyang dan menewaskan sedikitnya 2 orang. Gempa tersebut adalah yang terkuat melanda Meksiko sejak 1985 pada Kamis malam, membuat orang-orang di Mexico City berlarian ke jalanan.


"Sedikitnya dua orang tewas di negara bagian Chiapas," kata Menteri Dalam Negeri Meksiko seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (8/9/2017).


Menurut USGS pusat gempa berjarak 123km barat daya kota Pijijiapan, pada kedalaman 33km. Sistem Peringatan Dini AS mengatakan bahwa gelombang tsunami yang berbahaya dapat terjadi dalam tiga jam ke depan di pesisir Pasifik beberapa negara Amerika Tengah - Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras dan Ekuador.


Pertahanan Sipil di Chiapas mengatakan di akun Twitter-nya bahwa personilnya berada di jalanan untuk membantu orang-orang dan memperingatkan penduduk untuk bersiap menghadapi gempa susulan.


Gempa tersebut begitu kuat sehingga penduduk yang ketakutan di ibu kota Meksiko yang jauh meninggalkan gedung apartemen, hanya mengenakan piyama, dan berkumpul berkelompok di jalan. Bagian lain dari Mexico City terlihat tanpa listrik.


Lucy Jones, ahli seismologi di California yang bekerja dengan Survei Geologi AS, mengatakan seperti gempa yang diharapkan.


"Di lepas pantai barat Meksiko adalah apa yang disebut zona subduksi, lempeng Pasifik bergerak di bawah semenanjung Meksiko," katanya.


"Ini adalah kesalahan yang sangat datar, jadi ini adalah tempat yang memiliki gempa besar yang relatif sering karena itu," imbuhnya.


"Mungkin ada tsunami kecil yang menuju ke barat daya, tidak akan datang dan mempengaruhi California atau Hawaii. Bagi generasi tsunami, angka 8 relatif kecil," tukasnya.


(CSR.id)

Berita Terkait
344 Warga yang Diisolasi KKB Berhasil di Evakuasi
Presiden Jokowi: Saya Minta Pak Setya Novanto Ikuti Proses Hukum
Batu Akik Ini Ternyata Masih Diburu Kolektor
Setya Novanto Dipindah dari Permata Hijau ke RSCM
Presiden Jokowi Hadiri Munas KAHMI di Medan

Please login for commentKomentar
SatpamMeikarta
kekuatan gempanya sngt besar, pantas saja guncangannya besar ditambah lagi adanya potensi tsunami kecil
Arif
Kalau gempanya besar begitu pasti banyak yang jadi korban,cepat cepat menghindar dari sana
pakaihatidong
Guncangan yg dasyat nih sampai mencapai 8 skala..mudah"an tidak memakan banyak korban
ticia
Gempa yang sangat besar itu, pasti akan mengakibatkan kerusakan yang banyak, gempa begini yang sangat sangat perlu di waspadai
bengbeng
Gempa dengan berkekuatan sebesar itu kalau terjadinya di Jepang pasti akan mengakibatkan kerusakan yang sangat parah tuh
SatpamPuriMedia
tapi kalo begini mah otomatis pasti terdampas sunami pemerintah meksiko harus segera mengeluarkan peringatan sejak saat ini
Haries
Mengerikan sekali, ini gempa yang dahsyat banget, 8 skala richter merupakan gempa paling besar dan sangat berpotensi tsunami lagi
KaroKalemCuy
Gempa yang dahsyat dan semoga saja tidak mengakibatkan tsunami yang besar.
Renny
gede juga ya gempanya samapi 8 skala ricther untung ga terjadi tsunami, serem bannget ya allh -r-
Samuel
ini sudah masuk kategori gempa luar biasa karena hampir bisa bikin tsunami yang minimal 9 SR, pemerintah setempat dan tim medis harus bantu warga
12