Kapal Tanker Indonesia Tabrakan di Laut Singapura, 5 ABK Hilang 

Rabu, 13 September 2017 14:20


Ilustrasi (ist)

108jakarta.com - Satu kapal tanker berbendera Indonesia bernama lambung “Kartika Segara” bertabrakan dengan kapal keruk berbendera Dominika “JBB De Rong 19” di perairan Singapura, Rabu (13/9/2017).


Akibatnya, seperti dilansir Channel News Asia, lima awak kapal pengeruk dilaporkan hilang serta tujuh awak lainnya terluka.


“Tabrakan kedua kapal itu terjadi pada Rabu dini hari, sekitar pukul 00.40. Insiden itu terjadi di 1,7 mil barat daya perairan Singapura, yakni di Sisters Island,” demikian pernyataan otoritas maritim Singapura.


Ketika itu, kapal keruk Dominika tengah transit di jalur barat. Sedangkan kapal Kartika Segara baru mulai berlayar meninggalkan Singapura arah timur selat Singapura.


“Sistem informasi kami sudah memberikan informasi navigasi kepada kedua kapal sebelum peristiwa itu terjadi,” terangnya.


Kapal Kartika Segara mendapat kerusakan di bagian kanan haluan tapi tetap stabil sehingga bisa berlabuh di pelabuhan timur Singapura.


Sementara kapal keruk Dominika terbalik dan tenggelam sebagian. Dalam kapal keruk itu, terdapat 12 anak buah kapal berkewarganegaraan Tiongkok dan seorang asal Malaysia.


Sementara kapal Kartika Sagara memunyai 26 ABK yang kesemuanya berkewarganegaraan Indonesia. Mereka tak mengalami luka apa pun.


”Kami sudah mengerahkan kapal tongkang untuk menarik kapal Dominika yang hampir tenggelam ke Pulau Senang. Selain itu, kami juga masih melakukan pencarian terhadap 5 ABK kapal Dominika yang hilang,” tandas otoritas maritim Singapura.


(ayb/int)


Berita Terkait
Tiongkok Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai Tepat Waktu
Presiden Jokowi Beri Selamat Indonesia Juara ASEAN Para Games 2017
Status Gunung Agung Naik Dari Siaga Jadi Awas
Badan Trasnportasi London Cabut Lisensi Uber Taksi
Tembok Perbatasan Turki-Suriah Ditargetkan Selesai Akhir September

Please login for commentKomentar
bengbeng
Alhamdulillah nya para abk kapal tanker Indonesia engga ada yang mengalami luka ataupun hilang,ini pasti akibat kelalaian manusia atau human error
Marsim
wah ko bisa sih sampai tabrakan,emang sebelumnya ngga ada peringatan apa klo ada kapal lain dan semoga para abknya segera di temukan dalam keadan selamat.
sumaryani
mungkin juga radar mereka rusak jadi tidak bisa mendekteksi adanya kapal yang lewat hingga terjadi tabrakan tersebut
Grace
Promo DEPOSIT 100 % setiap saat hanya di www.Kakektogel.com yuk ikutan gabung !!
Jakapoleng
trus dalam insiden itu memakan berapa korban gan.
Samuel
mungkin antara human error atau radar mereka yang rusak jadi saling tabrakan begitu, tim SAR harus membantu menyisir lokasi lagi takutnya masih ada yang selamat
novel
Pantas aja kejadiannya pas malam hari saat cuaca gelap...tapi kan pendeteksi radar kok bisa kecolongan juga ya
KaroKalemCuy
Kejadian yang sangat memilukan. Kurangnya navigasi dan informasi kalau ada kapal lain yang sedang berlayar akhirnya terjadi tabrakan yang tidak bisa dihindarkan.