Presiden Jokowi Bangun Double Track Bogor-Sukabumi di 2017

Senin, 04 September 2017 11:44


(ist)

108jakarta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan rel ganda kereta api (double track) Bogor-Sukabumi akan dimulai tahun ini. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, membeberkan alasan mengapa Jokowi ingin membangun proyek ini.


Menurut Budi Karya, latar belakang mengapa Jokowi ingin ada double track Bogor-Sukabumi karena faktor lalu lintas. Sebab dari catatannya, perjalanan Bogor-Sukabumi dengan mobil bisa memakan waktu 4-5 jam.


"Kita lihat background traffic Sukabumi-Bogor sangat padat, sehingga di beberapa tempat terjadi kemacetan. Waktu tempuh kan 4-5 jam padahal cuma 50 kilometer. Ini unbelievable (tidak dapat dipercaya)," ujar Budi Karya di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2017).


Faktor lain adalah kurangnya sarana dan pra sarana. Budi Karya menilai Sukabumi adalah kota industri, namun memiliki moda transportasi yang terbatas. 


"Memang kekurangan sarana pra sarana dan banyak industri tapi moda angkutan terbatas," ucapnya.


Selain itu, Budi Karya juga sudah memperhitungkan jumlah perjalanan dan peningkatan jumlah penumpang yang bisa diangkut dari adanya double track Bogor-Sukabumi. Dari hitung-hitungannya, dalam sehari akan ada 10 kali perjalanan kereta. Sementara untuk jumlah penumpang bisa naik 8% dari saat ini yang hanya 5 persen penumpang yang menggunakan kereta Bogor-Sukabumi.


"Sekarang ini yang gunakan kereta hanya 5 persen. Kalau bisa tingkatkan penggunakan kereta, sampai 6-8 kali lipat, bisa 40 persen," tutupnya. 


(ayb/int)


Berita Terkait
344 Warga yang Diisolasi KKB Berhasil di Evakuasi
Presiden Jokowi: Saya Minta Pak Setya Novanto Ikuti Proses Hukum
Batu Akik Ini Ternyata Masih Diburu Kolektor
Setya Novanto Dipindah dari Permata Hijau ke RSCM
Presiden Jokowi Hadiri Munas KAHMI di Medan

Please login for commentKomentar
SatpamMeikarta
salut buat Bapak Presiden. inilah yg sangat dinanti sekian lama jalur yang sangat padat dan aktifitas ramai namun tidak ada moda alternatif lain yang bisa menunjang.
ticia
Suatu tindakan yang pasti akan memberikan kebaikan dalam hal transportasi darat kepada masyarakat. Dengan begini jarak tempuh pasti akan lebih cepat lagi
Haries
nah ini jadi bagus, biar akses jadi lancar memang perlu dibaut seperti ini
sumaryani
jika menguntungkan harus di bangun double trak agar tidak terjadi kemacetan lagi
emma
selain dibangun double track mungkin ada penambahan infrastruktur lainnya spt jalan tol, fly over atau alternatif lainnya
KaroKalemCuy
Memang Jokowi sedang gencar gencarnya melakukan pembangunan infrastuktur diberbagaui daerah. Tapi apa yang dilakukan Jokowi membuahkan hasil yang positif, dan pembangunnya nyata tidak mangkrak.
Samuel
makin rajin saja Pak Jokowi bikin infrastruktur, mungkin ini taktik beliau agar bisa terpilih lagi di pilpres tahun depan
novel
Berarti ada dua jalur dengan rute yg sama...baguslah biar makin byk yg terangkut terutama di sektor pengiriman barang2 produksi ya
Kokomkomariah
salut buat Bapak Presiden. inilah yg sangat dinanti sekian lama jalur yg sangat padat dan aktifitas ramai namun tidak ada moda alternatif lain yang bisa menunjang. ide cemerlang dengan rencana membangun Doble Track Bogor-Sukabumi. mudah-mudahan sukses dan berkah selalu untuk semua ide cemerlangnya....