Puluhan Hektare Padang Savana Gunung Bromo Terbakar

Selasa, 12 September 2017 15:27


(ist)

108Jakarta.com - Sekitar 50 hektare lahan savana yang berada di sekitaran Gunung Bromo mengalami kebakaran pada Senin (11/9) pukul 11.00 waktu setempat. Pemadaman lahan yang terbakar tersebut masih berlangsung sampai Selasa siang (12/9).


"Itu terdeteksi pukul 11 siang dan langsung diadakan pemadaman sampai malam dan sekarang masih berlangsung," kata Kepala Bagian Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Syarif Hidayat, Selasa (12/9).


Karena jangkauan ke lokasi cukup sulit, Syarif mengungkapkan, pihaknya hanya mengandalkan peralatan pemadaman secara manual. Ditambah lagi dengan bantuan dari masyarakat lokal dan para TNI serta Polisi setempat. Pihaknya hanya melakukan pemadaman sesuai arahan dengan sumber daya yang tersedia.


Sementara perihal penyebab, Syarif menegaskan, pihaknya masih menduga dan mencari tahu alasan pasti kebakaran itu dapat terjadi. Hingga kini, TNBTS menduga karena adanya kelalaian dari pengunjung mengingat cuaca di lokasi cukup panas. Terlebih lagi, dia melanjutkan, kondisi savana sudah sangat kering sejak tahun kemarin.


"Tahun 2016 kita zero burning dan itu terjadi penumpukan bahan bakar kering sehingga mudah terbakar," tambah dia.


(CSR.id)

Berita Terkait
Tiongkok Yakin Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai Tepat Waktu
Presiden Jokowi Beri Selamat Indonesia Juara ASEAN Para Games 2017
Status Gunung Agung Naik Dari Siaga Jadi Awas
Badan Trasnportasi London Cabut Lisensi Uber Taksi
Tembok Perbatasan Turki-Suriah Ditargetkan Selesai Akhir September

Please login for commentKomentar
Jakapoleng
mungkin bagi yg merasa yg telah membakar padang safana itu tolonglah jangan dilakukan lagi .ok soalnya kasian hewan2 yg ada dialam itu
Marsim
musim kemaro yg panjang membuat sebagian wilayah di indonesia kekeringan dan mudah sekali menimbulkan kebakaran,harus berhati2 jangan membuang putung rokok sembarangan nati bisa lgs kebakaran.
AhbiiJakaPoleng
Apa saking panas nya ya sampe terbakar begitu . Untung nya ngga ada korban jiwa
bengbeng
Di musim panas seperti sekarang pastinya sangat mudah terbakar padang savana yang ada di bromo itu,tapi pertanyaan gw itu sengaja di bakar atau karena hal lain kalau sengaja sangat di sayangkan
Haries
Imbas dari musim kemarau ya begini, banyak lahan yang terbakar
UserNameLupa
kalo ngga ada api ngga bakalan kebakaran kaya gini tapi mungkin juga karena faktor cuaca
emma
Gunung Bromo aja yg terkenal memiliki suhu udara dingin yg sangat tinggi, tp bs terjadi kebakaran yg mungkin adanya titik panas
Nani
Buat para pemain poker sekarang ada games baru loh di situs web kita yukk hanya di DangdutQQ. mari silahkan dicoba dan daftar kan diri anda sekarang juga permainan yang menarik dan memiliki sensasi tersendiri… permainan terfavorite diseluruh Indonesia tentu semuanya pada udah tau dong gak ada salahnya dicoba lohhh… Ajak Teman Kamu Main Di DangdutQQ, Dapatkan Bonus Referal 20% Berlaku Seumur Hidup !! Bergabung Bersama Ribuan Player Dari Berbagai Pelosok Seluruh Indonesia, Beradu Ketangkasan Anda Bermain. Server Murni Tanpa Robot 100% Dengan Sistem Player VS Player Keunggulan dari DangdutQQ: – Minimal Depo 10Rb – Minimal Withdraw 25Rb – Cashback mingguan 0,3% ~ 0,5% Seminggu 2x tanpa syarat – Bonus Referral 20% Seumur Hidup – Proses Depo-Wd Super Cepat DangdutQQ Menyediakan 7 Game Dalam 1 ID : – Poker Online – Bandar Poker – Domino 99 – Adu Q – Bandar Q – CapSa Susun – Sakong ( new game ) Didukung oleh 6 Bank Lokal Terbesar Di Indonesia : – BCA – BRI – BNI – MANDIRI – DANAMON – CIMB Niaga Segera Daftarkan ID Anda Sekarang Juga Dan Jangan Sampai Ketinggalan Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS 24/7 Kami Melalui : – Livechat – BBM : D8CAE752 – Wechat : dangdutqq – Line : dangdutqq – Whatsapp : +85569967665 – Instagram : Dangdutratu – Twitter : dangdutqq – Facebook : @dangdutqiuqiu Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut : http://bit.ly/2uFTJjW Mainkan Kartumu Dan Menangkan Sekarang Juga Hanya Di DangdutQQ! Kepuasan Dan Kemenangan Pemain adalah Motto Utama dari DangdutQQ. Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini. .:: Dangdutqq By Players For Players ::.
alya
harus cepat di padamkan apinya agar tidak menjalar kemana-mana kebakarannya
Ngopikuy
Mungkin karena saking panasnya kali ya sampai terbakar begitu, apalagi sekarang kan musim kemarau
12