Banjir dan Longsor Melanda Vietnam, 37 Orang Tewas

Kamis, 12 Oktober 2017 15:37


(ist)

108Jakarta.com - Sedikitnya 37 orang tewas dan 40 lainnya hilang saat banjir dan tanah longsor melanda Vietnam utara dan tengah. Otoritas Manajemen Bencana Vietnam mengatakan, bencana tersebut melukai 21 orang dan menghancurkan lebih dari 1.000 rumah, menenggelamkan 16.740 rumah dan merusak infrastruktur dan tanaman di enam provinsi Vietnam tengah dan utara,


Di Provinsi Hoa Binh yang terkena dampak paling parah, 11 orang tewas dan 21 lainnya hilang. "Tidak mungkin untuk melawan air ini, ini adalah yang terkuat selama bertahun-tahun," ujar Ngo Thi Su, seorang penduduk di Hoa Binh, seperti dikutip oleh Televisi Vietnam yang dikelola negara, VTV.


Petugas bencana Quach Viet Hoang mengatakan, korban tewas termasuk empat keluarga yang rumahnya terkubur tanah longsor Kamis pagi saat mereka tertidur yang menewaskan enam orang dan 12 lainnya hilang.


"Kami memobilisasi semua pasukan untuk mencari yang hilang," kata seorang pejabat bencana di provinsi tersebut kepada kantor berita AFP melalui telepon.


Seorang penduduk yang ketakutan menggambarkan banjir parah di bagian lain provinsi tersebut. Keadaan darurat diumumkan. "Banjir bandang sangat mengerikan, air mengalir turun dari bukit, seperti setinggi tiga meter," kata Phan Ba Dien kepada situs berita VNExpress yang dikontrol negara.


Evakuasi diperintahkan untuk 200 ribu orang di provinsi Ninh Binh di utara. Sebuah siklon tropis melanda Vietnam tengah pada Selasa dan menyebabkan hujan lebat.


Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di beberapa bagian wilayah utara dan tengah saat sebuah ledakan bergerak dari Cina selatan ke Vietnam.


Menteri Pertanian Nguyen Xuan Cuong mengatakan pada sebuah pertemuan darurat pemerintah, ini adalah pertama kalinya dalam satu dekade wilayah utara dan tengah mengalami hujan deras dalam waktu singkat.


(CSR.id)

Berita Terkait
Gara-Gara Tronton Mogok KAI Sehari Rugi Rp808 Juta
BMKG Temukan Sembilan Titik Panas di Jambi
Bandara Marinda Raja Ampat Siap Go International
Kurdi Tegaskan tak Ingin Berperang dengan Pasukan Irak
Presiden Jokowi: Tunjangan Veteran Naik 25 Persen Tahun Depan

Please login for commentKomentar
dheshe
kasian banget ya sampai begitu korban banjir sampai menewaskan banyak orang
KaroKalemCuy
Tetap tabah dan jangan mengeluh buat para korban banjir, mudah mudahan korban yang hilang secepatnya ditemukan dan para korban banjir cepat mendapatkan bantuan dari pemerintah atau dari orang yang memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi.
hendra
kejadian yg mengerikan saat melanda vietnam, mungkin ada sesuatu keburukan akan ada kedatangan musibah
ice
bukannya vietnam lagi dibuat ajang miss grand international yah?? kalau sampai banjir gitu, apa kena ke peserta??
Samuel
masif banget bencananya, kayak terkena tsunami, tim penyelamat dan pemerintah harus bantu para korban dan usahakan cari lagi siapa tau masih ada yang selamat
YankeeOH
subehanawlloh sungguh kuasa sang maha kuasa semoga aja warga vietnam diberi ketabahan dalam menghadapi musibah yg sedang terjadi, dan secepatnya mendapat bantuan dari tim kemanusian
Ibnu
semoga bisa cepat teratasi, agar bisa melakukan aktivitas kembali dan bagi warga yg jadi korban bisa diberikan bantuan
ester
kasian warga vietnam yang rumahnya terkena banjir,,
Marsim
turut prihatin ya atas musibah tanah longsor dan banjir semoga semuanya bisa segera tu atasi oleh pemerintah vietnam.
syahril
kasian sekali warga vietnam yang terkena banjir sampai mengakibatkan korban jiwa sampai 37 orang tewas,kirain diindonesia ajah yang terkena banjir ternyata divietnam bisa juga
12