Direktur Utama KAI: Angkutan Barang Solusi Distribusi Logistik

jumat, 13 Oktober 2017 13:02


(ist)

108jakarta.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro menjadi salah satu panelis dalam forum diskusi di Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week 2017 yang diadakan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Rabu (11/10). 


Pada kesempatan ini Edi Sukmoro memberikan paparan terkait Perkeretaapian di Indonesia dan Angkutan Barang yang dilayani oleh KAI.


Edi mengatakan jalur darat masih sangat diandalkan sebagai jalur pengangkutan logistik, yakni sebesar 90 persen. Namun penggunaan kereta api sebagai alternatif kendaraan angkutan hanya 8 persen. 


"Persentasenya itu 8 persen KA (kereta api), 1 persen laut, 1 persen udara, dan 90 persen darat," ujarnya. Edi mengatakan rendahnya penggunaan kereta api disebabkan banyak jalur kereta yang masih terputus-putus. 


Dia mencontohkan, di Pulau Sumatera ada jalur kereta api sepanjang 1.176 kilometer, tapi tidak terkoneksi secara utuh. Jalur tersebut berada di wilayah Divisi Regional I, seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. "Karena masih terpisah-pisah, jadi belum optimal untuk angkutan barang," ucapnya.


Edi menjelaskan jika nanti jalur tersebut bisa tersambung, produksi tambang dan pertanian di wilayah Sumatera bisa diangkut secara maksimal. 


Saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba menambah kapasitas pengangkutan batu bara menjadi 120 kontainer sekali angkut dari sebelumnya hanya 60 kontainer. Dengan penambahan gerbong dua kali lipat diyakini bisa menggantikan 600 truk, sehingga mampu mengurangi kemacetan di jalan raya.


 "Ini akan sangat membantu program listrik 35 ribu megawatt, yang bahan bakunya batu bara," tuturnya. (suh)
 


Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi
Indonesia Raih 2 Emas dan 3 Perak di Olimpiade Sains IJSO

Please login for commentKomentar
Fajar
memang sih coba saja ada satu kereta yang memang digunakan buat mengangut barang
bengbeng
betul sekali coba kita lihat di negara2 tetangga sudah banyak yang memanfatkan kereta api barang yang jelas lebih efisien dan hemat waktu bahkan jalurnya sampai menembus antar benua keren engga tuh
Jaebum
kereta api lebih cepat dan juga terjamin waktunya dibandingkan kalau pendistribusian dilakukan menggunakan truk
Arif
Jalur darat memang sangat penting sekali,makin memang perlu ditingkatkan terus
lily
untuk pengiriman barang pasti banyak dibutuhkan oleh konsumen yang mempunyai usaha dan pelayanannya juga harus ditingkatkan
ticia
masalah pengiriman barang memang di darat itu lebih dominan banyak, kalau kereta api indonesia ini bisa melakukan itu, dan harganya murah, pasti akan sangat membantu para konsumen
Mendiangromo
sebenarnya kalau untuk pengangkutan barang enaknya sih pake kereta api, bisa cepet , kalau pake truck dan jarak tempu jauh bisa lama dan supirnya juga pasti lelah banget
hendra
dengan begitu memang lebih baik naik angkutan kereta api supaya barang lebih baik dan nyaman,
KaroKalemCuy
Harus secepatnya terlaksanakan pengangkutan batu bara menjadi 120 kontainer, supaya kemacetan di jalan raya smakin berkurang. Karena pengangkutan barang dilakukan menggunakan Kereta Api.
sumaryani
mungkin lebih cepat dengan angkutan barang dengan mengunakan kereta api dari pada mengunakan truk
12