Harga Minyak Naik Didukung Tanda-tanda Penyeimbangan

Kamis, 12 Oktober 2017 9:55


(ist)

108jakarta.com - Harga minyak dunia menguat untuk sesi ketiga berturut-turut pada Rabu (11/10) atau Kamis (12/10) pagi WIB, karena Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengatakan bahwa pasar minyak menunjukkan tanda-tanda penyeimbangan kembali.


Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, naik 0,38 dolar AS menjadi menetap di 51,30 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.


Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, naik 0,33 dolar AS menjadi ditutup pada 56,94 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.


Pertumbuhan permintaan minyak dunia pada 2017, sekarang diperkirakan meningkat sebesar 1,5 juta barel per hari, merupakan revisi naik dari laporan sebelumnya, terutama mencerminkan data baru-baru ini yang menunjukkan perbaikan dalam kegiatan ekonomi, menurut laporan bulanan OPEC pada Rabu (11/10).


Pada 2018, permintaan minyak dunia diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,4 juta barel per hari, karena membaiknya prospek ekonomi dalam ekonomi dunia, khususnya Tiongkok dan Rusia, laporan tersebut menambahkan.


OPEC juga mengatakan bahwa pasar minyak secara bertahap mengalami pengetatan setelah bertahun-tahun kelebihan pasokan.


Sehari sebelumnya, harga minyak memperpanjang kenaikannya dengan harga minyak mentah AS mencatat kenaikan harian terbaik dalam dua minggu terakhir, setelah Arab Saudi mengatakan akan mengurangi ekspor minyak pada November.


Media melaporkan Arab Saudi pada November akan memangkas alokasi minyak mentah kepada para pelanggannya sebesar 560 ribu barel per hari, menurut Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates.


(ayb/int)


Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi
Indonesia Raih 2 Emas dan 3 Perak di Olimpiade Sains IJSO

Please login for commentKomentar
Jaebum
Negara negara opec sudah tegas sekarang tidak sembarangan lagi main produksi minyak hingga kelebihhan pasokan yang berimbas rendahnya harrga minyak
Arif
Sudah mulai menipis mungkin minyak dunia sekarang, harga nya jadi naik terus
lily
naik turun harga minyak dan emas memberikan dampak pada perekonomian semoga bisa terus stabil ya
ticia
naik lagi harga minya, sebentar turun sebentar naik, memang sungguh sulit untuk diprediksi
dheshe
kalau memang dengan naiknya harga minyak membuat dampak yang baik mah wajar wajar aja
Samuel
berharap bisa berdampak harga minyak di Indonesia jadi bisa lebih murah lagi
KaroKalemCuy
Tapi tetep membatasi pengambilan minyak dalam perut bumi, jangan mentang mentang harga sedang naik akhirnya mengambil berlebihan yang mengakibatkan stok minyak dalam perut bumi habis. Harus dijaga supaya anak cucu kita nanti bisa mendapatkan manfaat dari alam yang merupakan anugerah Allah SWT.
ice
tapi apa lebih baik harga minyak yg sekarang , lalu apa memungkinkan kalau minyak juga bakalan habis
hendra
kalo harga minyak naik mesti kebutuhan pokok pun naik juga di setiap tahun, yg membuat warga sangat resah?
bengbeng
Masa bodo amatlah naik turun harga minyak dunia toh tidak berdampak apa2 bagi harga bahan bakar di Indonesia naik turun harganya tetep biasa aja
12