Pelindo III Terapkan Sistem Inaportnet untuk Permudah Izin Kapal

Rabu, 11 Oktober 2017 9:12


(ist)

108jakarta.com - Percepatan pelayanan pelabuhan terus dikebut Pelindo III. Setelah berhasil diterapkan di Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelindo III mulai menerapkan sistem informasi layanan kepelabuhanan Inaportnet di Pelabuhan Gresik.


Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gresik Agustinus Maun menuturkan, Pelabuhan Gresik dipandang telah memiliki sistem yang memadai untuk menunjang Inaportnet. Pihaknya berharap besar banyak perubahan yang bisa terjadi di berbagai pelabuhan untuk bisa saling mendukung. “Tentunya perlu dukungan seluruh stakeholder dan pengguna jasa di lokasi tersebut,” ujar Agustinus, Selasa (10/10).


Ia melanjutkan, kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gresik dihadiri oleh para ketua asosiasi APBMI, INSA, ALFI dan pimpinan Terminal Untuk Kalangan Sendiri (TUKS).


General Manager Pelindo III Gresik Onny Djayus menutukan, sistem layanan daring seperti Inaportnet akan memudahkan pengguna jasa mulai dari sistem pembayaran, pemantauan kapal serta pengajuan dokumen-dokumen untuk kelengkapan kapal. Pelayanan yang cepat diharapkan bisa menambah arus akifitas di berbagai lini bisnis pelabuhan.


“Ke depan, pengguna jasa tidak perlu lagi datang ke KSOP atau kantor Pelindo III. Cukup melalui perangkat elektronik yang dimiliki dan didukung jaringan internet yang baik,” jelas Onny.


Dengan penerapan itu, katanya, membuat waktu pengurusan dokumen menjadi lebih efisien. Biaya yang dikeluarkan bisa dikepras dengan baik. Sehingga penghematan bisa dilakukan untuk kelangsungan ke depan.


M Septa, salah seorang pengguna jasa mewakili perusahaan pelayaran untuk komoditas curah cair menjelaskan, sistem Inaportnet memungkinkan pengguna jasa untuk memantau perkembangan pelayanan kapal dari manapun. “Sistem online bikin proses administrasi di pelabuhan berjalan lebih tertib dan transparan,” kata Septa.


Sistem Inaportnet merupakan sistem layanan berbasis daring yang digunakan dalam proses permohonan pelayanan kapal sampai dengan penerbitan izin pengoperasian kapal, mulai dari kapal masuk, kapal tambat, kapal tunda hingga kapal keluar termasuk pembayaran.


Adapun sejumlah dokumen yang diterapkan secara daring melalui Inaportnet meliputi Surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal (SPKK), Surat Persetujuan Kapal Masuk (SPKM), Pemberitahuan Rencana Kegiatan Bongkar Muat (PRKBM), Perencanaan dan Penetapan Penyandaran Kapal (PPPK), Laporan Pemberitahuan Pemasukan/Pengeluaran Barang (LAB), Pemberitahuan Kapal Keluar (LK3), serta Surat Persetujuan Berlayar (SPB).


Proses pengisian informasi data di Inaportnet inipun terintegrasi dengan sistem informasi yang diterapkan di PT Pelindo III berupa Integrated Billing System (IBS). Sistem ini dibangun dengan tujuan agar pelayanan kapal dan barang di pelabuhan dapat berjalan cepat, valid, transparan, dan terstandar serta dengan biaya yang minimal.


(ayb/int)


Berita Terkait
Gara-Gara Tronton Mogok KAI Sehari Rugi Rp808 Juta
BMKG Temukan Sembilan Titik Panas di Jambi
Bandara Marinda Raja Ampat Siap Go International
Kurdi Tegaskan tak Ingin Berperang dengan Pasukan Irak
Presiden Jokowi: Tunjangan Veteran Naik 25 Persen Tahun Depan

Please login for commentKomentar
bengbeng
Dan harapan saya kedepannya bisa di terapkan di semua pelabuhan yang ada di nusantara karena adanya system informasi tersebut tentu sangat membantu sekali
YankeeOH
sangat bagus sitemnya jadi gampang dan simpel mudah untuk membuat perijinan kapal
KaroKalemCuy
Sistem Inapornet yang bagus, dapat membuat waktu jadi lebih efesien. Karena pengguna jasa lebih mudah dalam mengurus dokumen dengan adanya sistem tersebut.
Haries
Dengan dibuatnya sistem seperti ini di harapkan bisa memberikan kemudahan bagi setiap perijinan kapal
syahril
bagus banget sekarang sudah diterapkan dan mudah"an prosesnya lebih mudah
mama
Sekarang semua serba canggih , hal seperti ini tentunya memang sudah harus bisa mengikuti jaman, bila bisa lebih mudah kenapa kita tidak memulainya dari sekarang
Nani
Buat para pemain poker sekarang ada games baru loh di situs web kita yukk hanya di DangdutQQ. mari silahkan dicoba dan daftar kan diri anda sekarang juga permainan yang menarik dan memiliki sensasi tersendiri… permainan terfavorite diseluruh Indonesia tentu semuanya pada udah tau dong gak ada salahnya dicoba lohhh… Ajak Teman Kamu Main Di DangdutQQ, Dapatkan Bonus Referal 20% Berlaku Seumur Hidup !! Bergabung Bersama Ribuan Player Dari Berbagai Pelosok Seluruh Indonesia, Beradu Ketangkasan Anda Bermain. Server Murni Tanpa Robot 100% Dengan Sistem Player VS Player Keunggulan dari DangdutQQ: – Minimal Depo 10Rb – Minimal Withdraw 25Rb – Cashback mingguan 0,3% ~ 0,5% Seminggu 2x tanpa syarat – Bonus Referral 20% Seumur Hidup – Proses Depo-Wd Super Cepat DangdutQQ Menyediakan 7 Game Dalam 1 ID : – Poker Online – Bandar Poker – Domino 99 – Adu Q – Bandar Q – CapSa Susun – Sakong ( new game ) Didukung oleh 6 Bank Lokal Terbesar Di Indonesia : – BCA – BRI – BNI – MANDIRI – DANAMON – CIMB Niaga Segera Daftarkan ID Anda Sekarang Juga Dan Jangan Sampai Ketinggalan Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS 24/7 Kami Melalui : – Livechat – BBM : D8CAE752 – Wechat : dangdutqq – Line : dangdutqq – Whatsapp : +85569967665 – Instagram : Dangdutratu – Twitter : dangdutqq – Facebook : @dangdutqiuqiu Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut : bit.ly/2uFTJjW Mainkan Kartumu Dan Menangkan Sekarang Juga Hanya Di DangdutQQ! Kepuasan Dan Kemenangan Pemain adalah Motto Utama dari DangdutQQ. Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini. .:: Dangdutqq By Players For Players ::.
alya
keren sekali sudah diterapkan agar lebih mempermudah prosesnya