Presiden Jokowi Minta Tol Palindra Digratiskan Hingga Akhir Tahun

jumat, 13 Oktober 2017 13:44


(ist)

108jakarta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I ruas Palembang–Pamulutan sepanjang 7,8 km pada Kamis (12/10). Tol ini merupakan tol pertama yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel) dan Tol Trans Sumatera pertama yang diresmikan oleh Jokowi.


Dalam pidatonya, Jokowi meminta tol ini digratiskan sampai seksi II dan III tersambung, yang dijadwalkan bisa beroperasi pada akhir tahun ini.


"Ini jalan tol pertama yang ada di Sumatera Selatan. Saya minta, meskipun jalan tol berbayar, bisa dinikmati masyarakat. Pada awal operasi ini sampai akhir tahun 2017 tanpa dipungut biaya. Nanti jika sudah tersambung dengan seksi II dan III baru dipungut biaya," katanya, Jumat (13/10/2017).


Hal tersebut diamini oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ. Herry bilang, usai diresmikan Tol Palindra seksi I ini akan dibuka untuk digunakan masyarakat tanpa dikenakan biaya selama masa uji coba. 


Jokowi sendiri sudah empat kali datang langsung meninjau progres pembangunan tol ini. Hal tersebut kata dia diharapkan mampu mendorong percepatan penyelesaiannya, sekaligus memberikan dukungan dan motivasi kepada semua pihak yang terkait.


Pasalnya, selain kendala pembebasan lahan pembangunan Tol Palindra juga membutuhkan teknik konstruksi khusus karena lahan didominasi daerah rawa bergambut. Guna mempercepat proses pembangunan jalan tol tersebut, diterapkan teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM) untuk mengurangi kadar air dan kadar udara dalam tanah.


"Dibanding tol yang lain, pembangunan Palindra ini membutuhkan biaya yang hampir 1,5 kali lipat lebih besar, karena harus menguruk tanah sedalam 7 meter dan mengurangi kandungan air rawa sebelum dipadatkan tanahnya," tutur Jokowi.


"Saya tanya 2-3 bulan lalu masih ada pembebasan lahan yang belum selesai. Tadi saya tanya lagi semua seksi di Palindra sudah selesai pembebasan lahannya. Persoalan seperti kendala lahan tidak akan bisa diselesaikan kalau tidak didorong terus penyelesaiannya," tambahnya.


Pemerintah sendiri berniat terus menambah panjang jalan tol di Indonesia guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa. Tol ini nantinya juga akan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. 


Sebagai informasi, Tol Palindra dengan nilai investasi sebesar Rp 3,3 triliun merupakan salah satu ruas tol penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya melalui Perpres Nomor 117 Tahun 2015. Total panjangnya 22 km, terdiri dari tiga seksi, yakni seksi I ruas Palembang-Pamulutan (7,8 km), seksi II Pamulutan-KTM (4,9 km) dan seksi III KTM-Simpang Indralaya (9,3 km). 


Pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2015 dan saat ini progres konstruksi untuk seksi II sudah 26,27% dan seksi III sebesar 83,14% dan ditargetkan bisa selesai seluruhnya tahun 2018.


(ayb/int)


Berita Terkait
Gara-Gara Tronton Mogok KAI Sehari Rugi Rp808 Juta
BMKG Temukan Sembilan Titik Panas di Jambi
Bandara Marinda Raja Ampat Siap Go International
Kurdi Tegaskan tak Ingin Berperang dengan Pasukan Irak
Presiden Jokowi: Tunjangan Veteran Naik 25 Persen Tahun Depan

Please login for commentKomentar
alya
baru dibuka jadi di gratiskan untuk sementara agar banyak yang menggunakan jalur tol
Mendiangromo
masih baru harus uji coba dule ye makanya di gratisin gitu
hendra
jalan toll baru selesai di bulan yg lalu, pak jokowi telah menggratiskan hingga akhir tahun, semoga saja banyak pengguna di toll?
KaroKalemCuy
Sangat hebat pak Jokowi, beliau datang sampai empat kali dalam pembuatan jalan tol palindra tersebut. Agar pembangunan berjalan lancar dan tidak mangkrak, dan sekarang sudah diresmikan jalan tol palindra malah gratis sampai akhir tahun.
dheshe
bagus tuh pak presiden menggratiskan tol dipalembang sampai akhir tahun ini
sumaryani
pasti akan banyak warga yang lewat tol jika di gratiskan pak
Samuel
ini jadi kabar gembira buat warga palembang, bisa menikmati fasilitas tol ini sampai akhir tahun, berharap mereka bisa berikan kritik kalau merasa kurang nyaman atau jalan tolnya berbahaya
Niel
bagus pak,bapak memang baik.
Nani
Buat para pemain poker sekarang ada games baru loh di situs web kita yukk hanya di DangdutQQ. mari silahkan dicoba dan daftar kan diri anda sekarang juga permainan yang menarik dan memiliki sensasi tersendiri… permainan terfavorite diseluruh Indonesia tentu semuanya pada udah tau dong gak ada salahnya dicoba lohhh… Ajak Teman Kamu Main Di DangdutQQ, Dapatkan Bonus Referal 20% Berlaku Seumur Hidup !! Bergabung Bersama Ribuan Player Dari Berbagai Pelosok Seluruh Indonesia, Beradu Ketangkasan Anda Bermain. Server Murni Tanpa Robot 100% Dengan Sistem Player VS Player Keunggulan dari DangdutQQ: – Minimal Depo 10Rb – Minimal Withdraw 25Rb – Cashback mingguan 0,3% ~ 0,5% Seminggu 2x tanpa syarat – Bonus Referral 20% Seumur Hidup – Proses Depo-Wd Super Cepat DangdutQQ Menyediakan 7 Game Dalam 1 ID : – Poker Online – Bandar Poker – Domino 99 – Adu Q – Bandar Q – CapSa Susun – Sakong ( new game ) Didukung oleh 6 Bank Lokal Terbesar Di Indonesia : – BCA – BRI – BNI – MANDIRI – DANAMON – CIMB Niaga Segera Daftarkan ID Anda Sekarang Juga Dan Jangan Sampai Ketinggalan Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS 24/7 Kami Melalui : – Livechat – BBM : D8CAE752 – Wechat : dangdutqq – Line : dangdutqq – Whatsapp : +85569967665 – Instagram : Dangdutratu – Twitter : dangdutqq – Facebook : @dangdutqiuqiu Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut : bit.ly/2uFTJjW Mainkan Kartumu Dan Menangkan Sekarang Juga Hanya Di DangdutQQ! Kepuasan Dan Kemenangan Pemain adalah Motto Utama dari DangdutQQ. Minta izin yah admin yang terhormat untuk post and share di sini. .:: Dangdutqq By Players For Players ::.
Gunawan
bagus banget tuh buat para pengendara mobil bisa gratis sampai akhir tahun
12