Gempa 7,3 SR Guncang Perbatasan Iran-Irak, 61 Warga Tewas

Senin, 13 November 2017 9:34


(ist)

108jakarta.com - Gempa dahsyat berkekuatan 7,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah perbatasan antara Irak dan Iran. Sebanyak 61 warga Iran dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka.


Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, gempa pada hari Minggu melanda wilayah di dekat Halabjah, sebelah tenggara Sulaymaniyah, sebuah kota di wilayah semi-otonom Kurdi di Irak utara.


Guncangan dirasakan hingga ke wilayah Qatar pada pukul 09.18 waktu setempat. Episenternya berada pada kedalaman 33,9 km.


Kantor berita Iran, ISNA, yang dikutip Senin (13/11/2017) melaporkan, setidaknya 61 orang tewas dan 300 lainnya cedera di provinsi Kermanshah, wilayah Iran di dekat perbatasan Irak.


Sebagian besar korban diyakini berada di Kota Sarpol-e Zahab.


Tim penyelamat telah ditempatkan di daerah tersebut di tengah kekhawatiran jumlah korban tewas akan terus meningkat.


Sebelumnya pada hari Minggu, Faramarz Akbari, Qasr-e Shirin mengatakan kepada kantor berita IRNA bahwa gempa besar itu telah menewaskan dua warga Iran. Dia belum bisa memperkirakan dampak kerusakan karena listrik padam.


Iran merupakan salah satu negara dengan seismik paling aktif di dunia, karena wilayah negara itu diseberangi oleh beberapa garis patahan utama.


Pada tahun 2003, sebuah gempa 6,6 SR meratakan kota bersejarah Bam di wilayah Iran tenggara. Bencana pada saat itu menewaskan sekitar 26.000 orang.


Pejabat otoritas Sulaymaniyah mengumumkan keadaan darurat pada Senin dini hari untuk menilai dampak gempa dahyat tersebut.


(ayb/int)


Berita Terkait
Pelatihan Keterampilan Otomotif dan Kelistrikan di Kecamatan Klapanunggal
Bus Penumpang Terbakar Hebat, 52 Orang Tewas
Presiden Trump Tak Akan Pindahkan Kedubes AS ke Yerusalem Tahun Ini
Penerbangan Internasional AirAsia Pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Rekrutmen Volunteer untuk Asian Games 2018 Kembali Dibuka

Please login for commentKomentar
hendra
mari kita doakan bersama2 untuk saudara kita yg disana, semoga semua para korban tenang di alam sana dan di beri ketabahan, kekuatan, ata terkena musibah,
CaffeLatte
ya tuhan kasihan sekali mereka disana, urusan negara belum selesai udah kena musibah bencana alam aja
UmanG
Gempanya sangat besar di kota iran-irak mengakibatkan 61 orang tewas dan 300 orang lainnya cidera di provinsi kermanshah dan Guncangan Gempa di rasakan hingga wilayah Qatar
ticia
besar juga kekuatan gempa yang ada ini, banyak yang tewas, sungguh menggenaskan kalau gempa sudah terjadi
bengbeng
ya allah kasihan amat yah udam mah negaranya lagi banyak kerusuhan di tambah lagi kena musibah gempa pasti banyak bangunan yang mudah ambruk akibat gempa ini secara banyak bangunan yang rapuh bekas konflik di sana
KaroKalemCuy
Gempa yang sangat dahsyat, bagus deh kalau tim penyelamat sudah siap siaga untuk mengevakuasi korban.
youcanseeme
aduh kasihan bgt korban dalam gempa ini, skala gempanya sampai 73 sr. sunggu menakutkan
FAHTORI
lumayan banyak juga korban jiwa yang meninggal pasti sangat susah dalam mengevakuasi para korban.
Ibnu
Mari kita doakan saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa diperbatasan Iran-Irak, berikan mereka kekuatan dan ketabahan dalam menjalani musibah ini
Akhsinhandsome
kasian sekali warga iran irak yang meninggal akibat gempa 73 sr pasti dampaknya sangat buruk sekali akibat gempa yang dahsyat
12