Gempa 7,3 SR Guncang Perbatasan Iran-Irak, 61 Warga Tewas

Senin, 13 November 2017 9:34


(ist)

108jakarta.com - Gempa dahsyat berkekuatan 7,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah perbatasan antara Irak dan Iran. Sebanyak 61 warga Iran dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka.


Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, gempa pada hari Minggu melanda wilayah di dekat Halabjah, sebelah tenggara Sulaymaniyah, sebuah kota di wilayah semi-otonom Kurdi di Irak utara.


Guncangan dirasakan hingga ke wilayah Qatar pada pukul 09.18 waktu setempat. Episenternya berada pada kedalaman 33,9 km.


Kantor berita Iran, ISNA, yang dikutip Senin (13/11/2017) melaporkan, setidaknya 61 orang tewas dan 300 lainnya cedera di provinsi Kermanshah, wilayah Iran di dekat perbatasan Irak.


Sebagian besar korban diyakini berada di Kota Sarpol-e Zahab.


Tim penyelamat telah ditempatkan di daerah tersebut di tengah kekhawatiran jumlah korban tewas akan terus meningkat.


Sebelumnya pada hari Minggu, Faramarz Akbari, Qasr-e Shirin mengatakan kepada kantor berita IRNA bahwa gempa besar itu telah menewaskan dua warga Iran. Dia belum bisa memperkirakan dampak kerusakan karena listrik padam.


Iran merupakan salah satu negara dengan seismik paling aktif di dunia, karena wilayah negara itu diseberangi oleh beberapa garis patahan utama.


Pada tahun 2003, sebuah gempa 6,6 SR meratakan kota bersejarah Bam di wilayah Iran tenggara. Bencana pada saat itu menewaskan sekitar 26.000 orang.


Pejabat otoritas Sulaymaniyah mengumumkan keadaan darurat pada Senin dini hari untuk menilai dampak gempa dahyat tersebut.


(ayb/int)


Berita Terkait
Kapolri Instruksikan Jajaran Tidak Tangkap Nelayan Cantrang
Canon Image Square Kota Jambi Resmi Dibuka
Grand Opening Hotel Dafam Pacific Caesar Surabaya
Perdana Menteri Selandia Baru Umumkan Kehamilan Anak Pertama
China Bangun Menara Pembersih Udara Terbesar di Dunia

Please login for commentKomentar
Mama
Sedih sekali membaca berita ini , ada dibelahan negara lain sedang berduka karena bencana , semoga tabah dan kuat menhadapinya ya
novel
Dahsyat sekali gempanya karna ud melampaui batas tinggi sebesar 7 SR...pasti besar sekali dampak nya
12