Gempa 7,3 SR Guncang Perbatasan Iran-Irak, 61 Warga Tewas

Senin, 13 November 2017 9:34


(ist)

108jakarta.com - Gempa dahsyat berkekuatan 7,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah perbatasan antara Irak dan Iran. Sebanyak 61 warga Iran dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka.


Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, gempa pada hari Minggu melanda wilayah di dekat Halabjah, sebelah tenggara Sulaymaniyah, sebuah kota di wilayah semi-otonom Kurdi di Irak utara.


Guncangan dirasakan hingga ke wilayah Qatar pada pukul 09.18 waktu setempat. Episenternya berada pada kedalaman 33,9 km.


Kantor berita Iran, ISNA, yang dikutip Senin (13/11/2017) melaporkan, setidaknya 61 orang tewas dan 300 lainnya cedera di provinsi Kermanshah, wilayah Iran di dekat perbatasan Irak.


Sebagian besar korban diyakini berada di Kota Sarpol-e Zahab.


Tim penyelamat telah ditempatkan di daerah tersebut di tengah kekhawatiran jumlah korban tewas akan terus meningkat.


Sebelumnya pada hari Minggu, Faramarz Akbari, Qasr-e Shirin mengatakan kepada kantor berita IRNA bahwa gempa besar itu telah menewaskan dua warga Iran. Dia belum bisa memperkirakan dampak kerusakan karena listrik padam.


Iran merupakan salah satu negara dengan seismik paling aktif di dunia, karena wilayah negara itu diseberangi oleh beberapa garis patahan utama.


Pada tahun 2003, sebuah gempa 6,6 SR meratakan kota bersejarah Bam di wilayah Iran tenggara. Bencana pada saat itu menewaskan sekitar 26.000 orang.


Pejabat otoritas Sulaymaniyah mengumumkan keadaan darurat pada Senin dini hari untuk menilai dampak gempa dahyat tersebut.


(ayb/int)


Berita Terkait
344 Warga yang Diisolasi KKB Berhasil di Evakuasi
Presiden Jokowi: Saya Minta Pak Setya Novanto Ikuti Proses Hukum
Batu Akik Ini Ternyata Masih Diburu Kolektor
Setya Novanto Dipindah dari Permata Hijau ke RSCM
Presiden Jokowi Hadiri Munas KAHMI di Medan

Please login for commentKomentar
novel
Dahsyat sekali gempanya karna ud melampaui batas tinggi sebesar 7 SR...pasti besar sekali dampak nya
12