BNN Jateng Musnahkan 800 Gram Sabu

Kamis, 07 Desember 2017 15:40


Ilustrasi (ist)

108Jakarta.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah memusnahkan 800 gram sabu kelas premium yang diungkap dari jaringan Semarang-Kalimantan. Pemusnahan dilakukan dengan cara mencampurkan serbuk putih itu ke larutan solar bercampur detergen.


Pemusnahan sabu juga disaksikan dua tersangka yakni DK dan CJK alias Sancai. Dengan tangan terborgol, keduanya mereka menyaksikan empat bungkus sabu senilai Rp1,5 miliar itu diaduk bersama solar.


"Dari total 811,90 gram narkotika jenis sabu yang disita, diambil sebagian yakni 60,88 untuk pembuktian di persidangan. Sementara sisanya dimusnahkan," kata Kepala BNN Jateng Brigjen Pol Tri Agus Heru di Halaman Kantor BNN Jateng, Jalan Madukoro Semarang, Kamis (7/12/2017).


Dia mengatakan, sabu tersebut didatangkan dari Aceh yang dibawa oleh dua kurir wanita. Modusnya cukup rapi yakni dengan menyembunyikannya di dalam sandal yang dikenakan. Dengan cara tersebut, mereka berhasi lolos dari metal detector dan sensor x-ray di bandara.


"Saya kira untuk modus sandal yang dipakai langsung seperti ini adalah modus baru. Jadi sabu disembunyikan dalam sandal lalu dipakai. Makanya dari sensor metal detector maupun x-ray tidak terdeteksi," lanjutnya.


Sekadar diketahui, DK ditangkap pada 8 November di dekat Patung Diponegoro Jalan Setiabudi. Tersangka tertangkap tangan membawa sabu sebanyak 800 gram yang disembunyikan dalam dua pasang sandal wanita. Sementara dua kurir wanita yang telah berganti sandal berhasil lolos.


"Setelah dilakukan pengembangan, peredaran sabu tersebut diketahui dikendalikan oleh Sancai yang tak lain adalah narapidana di Lapas Pekalongan. Dia sedang menjalani hukuman karena kasus narkoba," katanya.


Dua tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) sub Pasal 132 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati. Sementara, Sancai ditambah Pasal 144 tentang pengulangan perbuatan tindak pidana narkotika selama masa penahanan dengan pemberatan hukuman berupa penambahan sepertiga dari hukuman biasa.


(CSR.id)

Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi
Indonesia Raih 2 Emas dan 3 Perak di Olimpiade Sains IJSO

Please login for commentKomentar
Haries
Banyak juga ya shabunya, ini hasil penyelidikan berapa lama ya, sampai sebanyak itu
CaffeLatte
anjayyy totalnya 800 gram aja udah berapa m tuh
Renny
banyak juga yang disitanya hampi 1 kg -r-
kopi
untung berhasil terungkap,karena makin hari para pengedar selalu menggunakan cara baru agar narkotika yang dibawa tidak terdetek
ice
siapa ya yg bikin sabu sampe banyak begitu, daripada bikin begituan mending kerja yg halal deh
Mama
Musnah hanya segitu yang masih beredar lebih banyak lagi , miris banget nih sama peredaran obat - obatan terlarang
novel
Baru tau cara pemusnahannya bgitu dan cukup fleksibel juga daripada di bakar bikin polusi
Samuel
banyak juga sabunya, untung kesigapan polisi bisa memecahkan kasus ini, salut untuk mereka
pakaihatidong
bagus lah kalau memang bahan haram tersebut di musnahkan jangan sampai tersisa.
Palkor
bagus lah kalo sudah di musnahkan semua sabu-sabu yang berhasil mereka temukan dari bandarnya 👍