Festival Durian Siap Digelar di Alun-Alun Banyumas

Kamis, 07 Desember 2017 17:16


(ist)

108jakarta.com - Sebagai salah satu daerah penghasil duren yang terkenal dengan durian Bawornya, Pemkab Banyumas akan menggelar festival durian di Alun-alun Banyumas, Sabtu-Ahad (9-10/12). Dalam festival ini, berbagai jenis durian lokal Banyumas akan dihadirkan dan dijual para petani dan pedagang.


Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyumas, Widarso, Kamis (7/12) menegaskan, dalam festival ini tidak ada festival makan durian gratis sepuasnya. Pengunjung bisa mengonsumsi durian 'sepuasnya' dengan cara membeli dari petani atau pedagang yang mengikuti festival.


''Untuk itu, kita sudah mengundang petani dan kelompok tani durian yang ada di Banyumas, untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Karena yang menjual adalah langsung dari petani, kita jamin harganya akan lebih murah daripada bila beli di pedagang,'' kata dia.


Widarso menyebutkan, untuk mempromosikan durian lokal Banyumas, pihaknya sudah secara rutin menggelar festival durian pada saat setiap musim panen. Hal ini mengingat potensi durian Banyumas yang memang cukup besar.


Berdasarkan data yang dia miliki, populasi pohon durian di Banyumas mencapai sekitar 187.854 pohon dengan produksi 30.948 kuintal per tahun. Populasi pohon durian ini tersebar di berbagai wilayah, seperti di Kecamatan Kemranjen, Sumpiuh, Tambak, Somegede, Banyumas dan Kebasen.


Sedangkan jenis pohon durian yang dibudidayakan bervariasi. Antara lain seperti kromo, cane, dan durian Bawor yang sebenarnya merupakan pengembangan dari jenis durian montong.


Kasi Hortikultura Dispertan KP, Iin Dwi Sulityatik, mengatakan dalam festival durian ini juga akan digelar lomba durian. Hal ini untuk menjaring jenis durian lokal yang merupakan varietas durian paling baik.


''Selama ini, Durian Kromo sudah dikenal merupakan jenis durian yang paling berkualitas. Selain ukuran buahnya yang besar, daging buahnya juga tebal dan bijinya kecil. Selain itu, daging buahnya berwarna oranye, sangat manis dan aromanya tidak terlalu tajam,'' katanya.


Iin menyebutkan, durian Kromo ini sudah mendapat Tanda Daftar Varietas Tanaman (semacam HAKI) oleh Kementrian Pertanian. ''Dengan keunggulan yang dimiliki Durian Kromo, varietas ini juga telah dilepas menjadi varietas durian unggul nasional,'' katanya


Meski bertajuk festival durian, Iin menyebutkan, dalam acara tersebut juga akan dipamerkan semua produk pertanian, baik berupa mulai bibit maupun hasil panen. ''Dengan demikian, dalam festival ini pengunjung tidak hanya menikmati buah durian. Melainkan juga, bisa membeli bibit berbagai macam tanaman,'' katanya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi
Indonesia Raih 2 Emas dan 3 Perak di Olimpiade Sains IJSO

Please login for commentKomentar
Haries
Bagi penyuka durian jangan lewatkan kesempatan ini, yuk datang dan makan durian sepuasnya
CaffeLatte
tuh kan kenapa harus didaerah yang jauh jauh begitu dah, kan ane gak bisa dateng
Renny
kemarin di cerebon kali2 dong di jakarta gw bakalan datang deh -r-
ice
kok ga pernah ada festival salak / mangga yah , apel deh kan banyak juga yg suka buah buahan itu, kenapa mesti durian terus, saya kan ga doyan
Mama
Lihat daging durian yang tebal begini kayaknya enak banget ya
Samuel
sekarang kayaknya lagi musim duren, semua kota pada ngadain festival duren ini, jangan sampai kelewatan
novel
Yg namanya pesta itu setidaknya membawa kenikmatan ya dgn salah satunya ada hadiah cuma2 atau gratis tp yg ini kok mesti byr...itu mah sama aj beli sendiri dan lsg di makan..bukan pesta namanya
pakaihatidong
ini lah yang mungkin mnejadi seru dengan festival durian yang menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung.