Indonesia Raih 2 Emas dan 3 Perak di Olimpiade Sains IJSO

jumat, 15 Desember 2017 16:12


(ist)

108Jakarta.com - Lima pelajar SMP berhasil membawa lima medali dari International Junior Science Olympiad (IJSO) di Belanda. Perolehan medali ini juga membuktikan bahwa kemampuan sains anak Indonesia tidak kalah dari anak-anak negara lain. 


Direktur Pembinaan SMP Ditjen Kemendikbud Supriano mengatakan, kesuksesan pelajar SMP ini sungguh luar biasa, sebab soal yang diuji di olimpiade ini levelnya sudah di atas mata pelajaran di Indonesia. Dia mengatakan, kelahiran IJSO diinisiasi oleh Indonesia dan setiap tahunnya medali selalu diraih para pelajar Indonesia yang melawan siswa lain dari 50 negara.


"Ini prestasi luar biasa. Kita harus bangga karena ini soal internasional yang levelnya di atas pelajaran kita," katanya saat penyambutan tim di Bandara Soekarno-Hatta. 


Daftar siswa yang merebut medali di Arnhem-Nijmegen, Belanda, ialah Lugas Firdinand Hamdi peraih medali perak, Steven William dari SMP Petra 1 Surabaya (Perak), Carin Abbie Reyhani dari SMPN 111 Jakarta (Perak). Sementara emas diraih Wilsen Chandra Putra dari SMP Sutomo 1 Medan dan Peter Addison Sadhani dari SMP Santo Aloysius 1 Bandung. 


Olimpiade ini berlangsung pada 3–12 Desember. 14th IJSO yang diikuti 300 peserta berusia 15 tahun yang menguji pengetahuan dan keterampilan peserta di bidang fisika, biologi dan kimia. Supriano menjelaskan, soal yang diuji disesuaikan dengan ciri khas negara penyelenggara. Belanda kali ini mengambil tema Water and Sustainability. "Tema ini disesuaikan karena Belanda dengan manajemen pengelolaan airnya berhasil membuat negerinya kering dan tidak banjir," katanya.


Supriano menjelaskan, IJSO itu tidak melulu soal kompetisi, melainkan juga untuk menjalin relasi dengan sesama pelajar para calon saintis. Di samping itu, kata dia, untuk meningkatkan ketertarikan pada sains untuk jenjang sekolah menengah. 


Dia menjelaskan, delegasi ini diambil dari para pemenang Olimpiade Sains Nasional. Para pemenang OSN itu lalu diadu lagi untuk dipilih lima siswa yang diberangkatkan ke Belanda. Sementara itu Peter Addison Sadhani mengaku meski sudah dilatih selama tiga bulan, tetap ada saja rasa cemas yang mendera saat perlombaan dimulai. "Kesulitannya ada. Terutama ada kecemasan, tapi itu harus dilawan. Kemudian juga mental harus kuat dan percaya diri karena lawan di sana tidak mudah," urainya.


Peter yang ingin menjadi penemu ini menjelaskan, saingan terberat dari Taiwan dan Rusia. IJSO menguji soal pilihan ganda, esai dan juga praktik. Mereka harus mempresentasikan masalah air yang sesuai dengan tipikal negara Belanda yang bermasalah dengan air. Misalnya tentang bahaya bakteri di air keran yang langsung minum dan tentang tekanan bendungan di Belanda sehingga tidak meluap. Peter mengaku ingin menjadi penemu kelak saat dewasa. "Cita-cita saya mau jadi penemu menemukan barang berguna untuk masa depan masyarakat," katanya.


Siswa berusia 14 tahun ini mengaku senang dengan sains karena dengan sains kita bisa melihat fenomena alam secara nyata dan mempelajarinya. Menurut dia, sains bisa digunakan untuk membuat teknologi baru yang bisa memajukan masyarakat.


(CSR.id)

Berita Terkait
Pelatihan Keterampilan Otomotif dan Kelistrikan di Kecamatan Klapanunggal
Bus Penumpang Terbakar Hebat, 52 Orang Tewas
Presiden Trump Tak Akan Pindahkan Kedubes AS ke Yerusalem Tahun Ini
Penerbangan Internasional AirAsia Pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Rekrutmen Volunteer untuk Asian Games 2018 Kembali Dibuka

Please login for commentKomentar
Jaebum
Hebat atas prestasi yang diraih putra putri indonesia ini dikompetisi International Junior Science Olympiad (IJSO) di Belanda
ticia
salut bagi para peserta yang meraih emas dan perak smua demi untuk mengharumkan nama bangsa
KaroKalemCuy
Prestasi yang sangat membanggakan sekali, dan selamat untuk siswa yang mendapatkan medali emas dan perak tersebut supaya lebih banyak berkarya dalam dunia sains.
bengbeng
sebuah prestasi yang membanggakan dan patut di apresiasi agar semangat belajar anak2 muda generasi bangsa ini terus berkobar next time bisa lebih hebat lagi yah
runi
selamat buat para peserta olimpiade yang berhasil meraih emas dan perak, kalian semua membuat nama bangsa ini menjadi harum di dunia internasional, bangga banget deh
ata
prestasi yang sangat membanggakan, berharap pemerintah memberikan apresiasi buat mereka yang sudah menyumbangkan emas dan perak dalam olimpiade ini
Akhsinhandsome
suatu kebanggaan yang terbaik buat indonesia dengan raih 2 emas dan 3 perak diolimpiade sains ijso
Mama
Keren banget nih anak - anak sekolah aja bisa juara menghadapi negara lain , pokoke mantap deh Indonesia , kita pasti bangga dong
kamisPahing
indonesia sebenarnya mampu di segala bidang teknologi, tapi sayang bayak anak anak yang juara disia sia kan
ice
ternyata anak2 indonesia pintar2 loh ya, cuma sayangnya ga di manfaatkan dg baik sama pemerintah untuk bangun indonesia sih, sayang skali klo anak2 ini malahan di ambil sama negara lain
12