Kerugian dari Bencana Dampak Siklon Cempaka di DIY Capai Rp 200 Miliar

Kamis, 07 Desember 2017 16:29


(ist)

108Jakarta.com - Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan dari laporan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DIY jumlah kerugian dan kerusakan akibat badan siklon tropis Cempaka di wilayah DIY mencapai Rp 200 miliar lebih.


"Sudah saya perintahkan segera dipilah-pilah mana yang menjadi penanganan darurat dan recovery . Kerusakan yang terparah ada  di Bantul dan Gunungkidul yang mengalami banyak kerugian dan kerusakan,’’kata Gatot pada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (7/12).


Kerusakan fisik yang terjadi seperti jembatan, talud, jalan dan rumah. Rumah penduduk yang tidak bisa dihuni karena daerah rawan longsor akan direlokasi. Namun, kerusakan yang sifatnya harus membangun kembal imemerlukan skim sendiri . "Kalau skim kedaruratan bantuannya ya darurat. Tapi ini belum digodok. Kebetulan sekarang (Kamis, 7/12) Kepala BNPB datang dan tanggal 9 Desember Presiden RI juga akan hadir. Nanti kita lihat dukungan apa dari Pusat,’’ ujarnya.


Selanjutnya untuk persawahan yang rusak, bagi tanaman padi yang puso melalui Kementerian Pertanian ada pergantian bagi tanaman pagi yangmendekati panen. Kalau yang sawahnya baru panen , menanamnya ditunggu sampai kering. Sementara bagi infrastruktur irigasi yang rusak maka tugas pemerintah untuk memperbaiki. 


(CSR.id)

Berita Terkait
Jelang Akhir Tahun, Pegawai PT KAI Dilarang Cuti
BNPB: Dua Orang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jawa
BMKG: Gempa Jabar Karena Tumbukan Lempeng Indo Australia-Eurasia
Jokowi Masih Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi
Indonesia Raih 2 Emas dan 3 Perak di Olimpiade Sains IJSO

Please login for commentKomentar
Haries
Jelas pasti karena banyak Infrastruktur yang pada rusak parah
CaffeLatte
aduh otak gue udah puyeng dah sama nominal yang ditaksir sebesar itu untuk kerugian DIY
Renny
kasihan banget ya gara2 badai semua hancur dan habis rugian rupiah -r-
ice
yaampun namanya bencana ga direncakan, sampai segitunya yah kerugiannya besar bgt
Mama
sepertinya kita harus belajar dari semua peristiwa tahun ini dari bencana yang terjadi supaya tahun - tahun kedepan nya kita jadi lebih siap dan tidak ada lagi kerugian yang besar dan korban jiwa yang terjadi
novel
Padahal bencananya cuma sesaat ya tp dampaknya luar biasa udah rugi milyaran gitu sampai makan korban jiwa lg
Samuel
yang penting harus jaga tiap warga yang jadi korban bencana alam ini , agar selalu diberi bantuan dari pemerintah, berharap masih ada waktu lagi agar mereka bisa membangun infrastruktur baru
pakaihatidong
besar juga biaya kerusakan akibat bencana yang menimbulkan kerusakan instruktur dan bangunan rumah di wilayah DIY.