China Bangun Menara Pembersih Udara Terbesar di Dunia

jumat, 19 Januari 2018 15:18


(ist)

108jakarta.com - Cina telah membangun menara pembersih udara berbentuk lingkaran dengan tinggi 328 kaki alias 100 meter. Kepala penelitian program, Cao Junji, berharap menara ini dapat berfungsi dengan baik untuk memurnikan lebih dari 10 juta meter kubik udara setiap hari di area seluas 10 kilometer persegi.


Menara tersebut terletak di Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi, Cina barat laut. Sistem pembersih menara ini bertenaga surya. Bagian dasarnya memiliki rumah kaca yang bisa menarik udara tercemar ke menara dan memurnikannya sebelum dilepas ke lingkungan. "Secara keseluruhan, proyek tersebut akan terus ditingkatkan kinerjanya," kata Cao, seperti dilansir laman China Morning Post.


Menurut Institute of Earth Environment di Chinese Academy of Sciences yang dilansir laman Daily Mail, 17 Januari 2018, sistem pembersih ini dapat mengurangi 15 persen partikel halus dalam kabut asap yang dianggap berbahaya bagi kesehatan. Menara ini sebetulnya berangkat dari inovasi yang ditemukan pada Oktober 2016 bernama Smog Free Tower.


Smog Free Tower didirikan di Beijing dengan tinggi 7 meter. Menara ini terbukti bisa membersihkan 30 ribu meter kubik asap halus per jam. Sayangnya, menara yang dirancang Daan Roosegaarde, seniman dan inovator asal Belanda, tersebut efeknya tidak bertahan pada tingkat optimal, karena sepenuhnya didukung listrik.


(ayb/int)


Berita Terkait
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Pameran Industri Mesin dan Elektronik IIME 2018 Siap Digelar

Please login for commentKomentar
Jaebum
Kondisi udara di china memang sudah mengkhawatirkan sekali jadi menara seperti ini juga sangat bermanfaat sekali
Cobra
menurutku sih ini cuma menghaburkan uang saja, harusnya tanam pohon keseluruh penjuru kota, karena pohon adalah penyaring udara kotor yang baik
Mawar
Bermanfaat banget ini,negara lain harus mencontoh ni,
MITRA
Kren, inovasi untuk mengurangi dampak polisi, Persiapan untuk jangka panjang yang mana mesin bermotor adalah penghuni planet bumi.
MITRA
Kren, inovasi untuk mengurangi dampak polusi, Persiapan untuk jangka panjang yang mana mesin bermotor adalah penghuni planet bumi.
sumaryani
china selalu saja lebih maju selangkah dengan inovasi pembersih udara terbesar
kiki
emang sudah seharusnya sih cina membuat menara pembersih udara eperti tu mengingat jumlah warga negaranya yang paling banyak didunia
CaffeLatte
jelas lah makin kaya aja cina, banyak orang orang nya yang kerja di indonesia dengan gaji yang terhitung besar. dan mereka pun membayar upeti dari setiap hasil gaji mereka untuk pembangunan di negara mereka china
Dzulfikar
menara segede itu cara kerja nya gimana ?