Pemprov Banten Tolak Masuknya Beras Impor

Sabtu, 13 Januari 2018 13:44


(ist)

108Jakarta.com - Pemerintah Provinsi Banten menolak masuknya beras impor karena para petani di Banten saat ini sedang melakukan panen padi. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid di Serang, Jumat mengatakan, Banten menolak masuknya beras impor ke Banten karena saat ini di Banten sedang berlangsung panen setiap hari di sejumlah wilayah sentra padi.


"Perkiraan produksi Januari hingga Maret 2018 sebesar 512.388 ton beras melebihi kebutuhan konsumsi penduduk Banten selama Januari - Maret sebesar 324.000 ton beras," kata Agus Tauchid.


Dengan demikian, terdapat kelebihan produksi sebesar 188.388 ton beras pada perkiraan musim panen Januari-Maret 2018. Selain itu, kata dia, stok beras di Bulog Banten tersedia 6.295 ton beras atau cukup untuk ketahanan stok selama 2,6 bulan ke depan.


"Jadi seberanya impor beras tidak diperlukan, dan kita harus menyelamatkan gabah hasil panen petani," kata Agus.


Selain itu juga, kata dia, panen raya padi di Banten akan dimulai minggu pertama Februari 2018 ini. "Mari selamatkan petani Banten dengan tidak mengimpor beras," kata Agus.


Sebelumnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berencana mengimpor 500 ribu ton beras tahun ini. Beras yang diimpor adalah jenis beras khusus atau beras premium.


Adapun impor dilakukan untuk mengatasi kelangkaan pasokan beras yang berdampak pada naiknya harga jual beras di tingkat pengecer.


(CSR.id)

Berita Terkait
Asyik, Turis Indonesia Kini Bebas Visa 30 Hari ke India

Please login for commentKomentar
priyadi
Memang betul, kasian para petani padi yang kecewa karena beras lokal terkalahkan oleh beras impor. Sehingga penghasilan merekapun berkurang.
ice
kayaknya mesti tegas gini deh, tp yah perlu dicek juga sih menurut saya, klo menolak apa beras dr dalam negerinya masih lengkap??
justdoit
kenapa ga makan beras lokal aja , kok beras impor lagi ?
adit
negara indonesia bukannya cukup ya stock beras nya ?? kalo menurut sayan sih gak perlu perlu banget import
SAVAGE
harusnya sih kalo negara kita masih sanggup ngga usah lah ada yang namanya impor-impor beras gitu
MITRA
Inpor boleh, tapi inpor ilmunya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan indonesia, sehingga menjadi lumbung padi untuk dunia. #cintaiprodukindonesia