KA Argo Parahyangan Tambah Jadwal Perjalanan dengan Rangkaian Baru

Selasa, 06 Maret 2018 10:46


(ist)

108jakarta.com - Melonjaknya permintaan transportasi KA yang signifikan untuk relasi Bandung-Jakarta maupun sebaliknya, PT Kereta Api Indonesia melakukan penambahan perjalanan KA Argo Parahyangan.


Mulai beroperasi pada Selasa (27/2) dengan kapasitas penumpang sebanyak 400 tempat duduk per rangkaian, yang terdiri dari delapan kereta eksekutif, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit. 


Jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan dengan rangkaian baru tersebut yaitu No KA KP / 11232 Relasi Gambir – Bandung – Kiaracondong berangkat Pkl. 06.15 tiba di Bandung Pkl. 09.54 dan di Kiaracondong Pkl. 10.13 WIB.


No KA KP / 11161 Relasi Kiaracondong – Bandung – Gambir berangkat dari Kiaracondong Pkl. 12.45, Bandung Pkl. 13.05 dan tiba di Gambir Pkl. 16.39 WIB. No KA KP / 11234 Relasi Gambir – Bandung berangkat Pkl. 17.02 tiba Pkl. 20.19 WIB. No KA KP / 11163 Relasi Bandung – Gambir berangkat Pkl. 20.50 tiba Pkl. 00.21WIB.


Keempat nomor KA tersebut akan menambah jadwal keberangkatan KA relasi Jakarta-Bandung pulang pergi (PP) yang sebelumnya rata-rata 18 perjalanan sehari di weekday (Selasa-Kamis) menjadi 22 perjalanan. Lalu  24 perjalanan PP sehari pada weekend (Jumat-Senin) menjadi 28 perjalanan. 


Selain tampilan luar yang tampak sangat berbeda, di bagian interior, KAI menyematkan berbagai fasilitas yang akan memanjakan pengguna setia KAI. Salah satunya adalah jumlah toilet di masing-masing gerbong yakni sebanyak dua buah yang terletak bersebelahan. 


Di KA Argo Parahyangan ini semua toilet adalah toilet duduk. Penumpang pun bisa mengetahui apabila toilet dalam keadaan kosong ataupun terisi dengan adanya indikator di pintu toilet maupun di papan informasi elektronik yang menempel pada dinding kereta di dekat toilet.


Di sisi keselamatan dan keamanan, rangkaian kereta baru ini dilengkapi dengan dua buah CCTV dan dua buah tangga yang menempel di masing-masing kereta/gerbong untuk pijakan keluar kereta jika diperlukan dalam kondisi darurat. 


Selain itu, di lantai kereta juga disematkan jalur evakuasi yang bisa berpendar dalam kondisi gelap. Sementara itu, smoke detector telah terpasang di ruang restorasi. Jadi apabila ada seseorang yang merokok di sana, otomatis alarm akan berbunyi.


“Kami berharap rangkaian baru KA Argo Parahyangan ini sebagai salah satu alternatif moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu bagi masyarakat yang bepergian pada rute Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Fasilitas pada rangkaian KA baru tersebut terus kami tingkatkan untuk memenuhi harapan pengguna jasa KAI,” ujar Direktur Keselamatan dan Kemanan merangkap Direktur Komersial PT KAI (Persero) Apriyono Wedi Chresnanto. (suh)


Berita Terkait
Indonesia dan Brasil Sepakat Bebas Visa
Pameran Industri Mesin dan Elektronik IIME 2018 Siap Digelar
Gambar Destinasi Wisata Indonesia Hiasi Kereta Bawah Tanah Venezuela

Please login for commentKomentar
ata
semkain berkembang maju aja ya jadi bisa milih
lily
ada jadwal baru lagi semoga ini bisa memberikan kenyamanan buat penumpang
dheshe
lebih baik menambahkan jadwal agar tidak menumpuk penumpangnya
Jaebum
Akibat banyaknya minat masyarakat yang menggunakan kereta membuat PT KAI menambah rangkain gerbong lagi
Haries
Dengan begitu akan makin bagus
justdoit
aku baru nyadar ternyata sekarang ini semua kereta yg di jabodetabek sudah ad yg baru
Samuel
rute baru ini sangat penting untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga
novel
Untuk mendukung dan menyambut arus mudik lebaran nanti mangkanya di buka layanan baru agar semua bisa terlayani dengan baik
Iyan
mungkin dengan banyaknya permintaan perjalanan yang membludak maka dari itu pihak ka argo parayangan menambah jadwal perjalanan demi kenyamanan para pengguna jasa ka argo parayangan.
SAVAGE
Seru kali yah kalo jalan-jalan saat liburan nanti menggunakan kereta api
12