Mulai januari 2019, Jepang Bakal Berlakukan Pajak Sayonara

Kamis, 12 April 2018 15:58


(ist)

108Jakarta.com - Mulai Terhitung Januari 2019, pemerintah Jepang akan segera menerapkan pajak atau biaya tambahan bagi turis yang meninggalkan Jepang. Ini alasannya.


Rencana itu dikeluarkan oleh Parlemen Jepang pada Rabu kemarin (11/4) dalam bentuk 'Sayonara Tax' atau pajak keberangkatan seperti diberitakan Straits Times.


Parlemen Jepang akan menerapkan pajak atau biaya tambahan senilai 1.000 Yen (Rp 128 ribu) bagi traveler yang pergi meninggalkan Jepang lewat jalur udara mau pun laut. 


Peraturan baru itu akan berlaku terhitung dari 7 Januari 2019 untuk warga negara asing mau pun Jepang tanpa terkecuali. Hanya saja, pajak tambahan itu tidak berlaku bagi balita di bawah umur 2 tahun dan penumpang transit di bawah 24 jam.


Sebelumnya, pemda Tokyo dan Osaka juga mengenakan biaya tambahan antara 100 hingga 300 Yen per malam bagi traveler yang menginap di Tokyo dan Osaka.


Jepang pun bukan menjadi negara pertama yang menerapkan pajak keberangkatan itu. Negara seperti Amerika Serikat, Australia dan Korea Selatan sudah lebih dulu melakukannya.


Mendapati aturan baru tersebut, sejumlah maskapai hingga operator tur akan membuat sejumlah penyesuaian bagi para pelanggannya. Salah satunya adalah All Nippon Airways (ANA).


"Kami akan coba mengukur seberapa besar perubahan ini," ujar perwakilan dari ANA seperti diberitakan Nikkei Asian Review.


Sedangkan dari operator tur Hankyu Travel International, mereka akan memisahkan biaya pajak keberangkatan tersebut dari harga paket wisata seperti biaya tambahan di bandara.


Dari pihak pemerintah Jepang, pajak tersebut nantinya akn digunakan untuk meningkatkan infrastruktur terkait wisata sekaligus untuk mempromosikan destinasi di daerah pedesaan Jepang.


Pada tahun 2017, Jepang telah menarik jumlah wisatawan sebanyak 28,69 juta. Naik 19,3 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah itu pun diperkirakan akan semakin meningkat di tahun mendatang.


(CSR.id)

Berita Terkait
Please login for commentKomentar
Bowo
Mudah mudahan tidak mengurangi jumlah wisatawan ke san5
ata
tambah mahal aja deh kalau mau ke jepang
pakaihatidong
Di diberlakukannya pajak mungkin ini yang akan banyak dipertanyakan ada yang kontra dan yang tidak kontra.
Haries
Walah, makin banyak biaya lagi dong jika mau ke jepang
Ris
jadi harus lebih banyak menabung lagi nih buat pergi ke jepang
Renny
pajak sayonara itu pajak seperti apa, tambahan untuk para pengunjung yang mau datang ke sana -r-
justdoit
naniiiii????
Anjar
boleh bila tahun depan diadakan pajak untuk jepang, tapi tolong dijaga untuk keselamatan nya juga. karena bila tidak diseimbangi dengan adanya keseimbangan juga percuma .
Yasmin
situs poker domino online SITE: DANGDUTQQ.ORG terbuka untuk umum minimal deposit 10ribu saja.PROMO BONUS ROLLINGAN 0.3% % BONUS REFERAL 20%.BURUAN JOIN SEKARANG JUGA!! BANDARQ, SAKONG ONLINE SETIAP HARI Dibagikan!!! DANGDUTQQ merupakan Situs Resmi, bukan Agent Keistimewaan dan perbedaannya: 1. Server dilindungi Detector Anti Bot 2. Keamanan Data Akun, DEPO , WD dan Kredit Kemenangan Anda 3. Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!! 4. Bekerja sama dengan 5 Bank Lokal dan semua bank Daerah. 5. Minimal DEPOSIT hanya Rp. 10.000,- 7. Bonus Di bagikan Setiap Hari Selasa Dan Juma'at !! 8. Bonus TURNOVER hingga 0.3% Bersih Tanpa Syarat 9. Bonus REFFERAL 20% Seumur Hidup Server Anti Bot Dan Hacker terdapat 7 Permainan Dalam 1 UserID POKER - Bandar POKER - DOMINO 99 - Adu Q - Bandar Q - CAPSA SUSUN - SAKONG Dan Daftar Bisa Kunjungi: https://goo(.)gl/Amtoud Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi customer kami 24 Jam : - Livechat - BBM : D8CAE752 - Wechat : dangdutqq - Line : dangdutqq - Whatsapp : +85569967665 - Instagram : Dangdutratu - Twitter : @dangdutqiuqiu - Facebook : @dangdutqiuqiu
alya
para turis semakin mempertimbangkan untuk berkunjung kesana, tapi memang di jepang kebudayaan & teknologinya bagus banget, ga nyesel kesana
12